Market Segmentation

Masing-masing hotel tentu saja mempunyai market segmentation tersendiri. Analisa secara detail melalui market research dapat dilakukan sebelum memutuskan market segmentation hotel. 

Bila hotel berbintang 5 berada di Palangkara, adakah market Malaysia atau overseas singgah di hotel tersebut? 
Bila hotel berbintang 4 berada di airport, adakah group MICE di hotel itu? 

Hotel local chains atau hotel local yang independent tidak serumit International Chains hotel dalam menentukan market segmentation. 

Sebut saja Hotel Celestial di pusat kota Surabaya - Jawa Timur, 4 Star hotel, International chains hotel memiliki segmentation seperti dibawah ini. 

FIT Offline 
~ Booking through telephone, emails, calls, walk in, Hotel’s Packages 

FIT Online 
~ Distribution channel (Dynamic Rates) – OTA’s site. Hotel’s website, Website (Management Hospitality) 

Corporate FIT 
~ Contracted corporate with hotels 

Group MICE 
~ Group contracted corporate, meetings, incentive with hotels 

Group Leisure 
~ Social Events booking :Wedding, Gathering, Anniversaries, etc 

Government FIT 
~ FIT Booking from government 

Government Group 
~ GIT Booking from government 

Long Stay Guest 
~ Longs Stay Guest with minimum stay 14 nights 

Local TA FIT 
~ FIT Booking from Local Travel Agents 

Local TA Group 
~ GIT Booking from Local Travel Agents 

International TA FIT 
~ FIT Booking from International Travel Agents 

International TA Group 
~ GIT Booking from International Travel Agents 

Airline Crew 
~ Contracted Airlines Crew 

Local Wholesale FIT 
~ FIT Booking from Local Wholesaler 

Overseas Wholesales FIT 
~ FIT Booking from Overseas Wholesaler 

International Series 
~ All International series booking 

Joint Promotions 
~ Banking Promotions 

Loyalty Program 

Owners 
~ Owner, Sister Company of Hotel owner booking 

Celestial Hotels group 
- Staffs hotel of Celestial 

Industry (Not contracted rate) 
~ Media, Airliners, Hotelier, Travel Agents Staff 

Complimentary 
- Complimentary booking 

Management Hotel yang sederhana bisa mengikuti market segmentation tersebut. Jika terdapat market yang tidak sesuai dengan kondisi hotel, kiranya abaikan saka.
 
Sejatinya review dilakukan secara berkala mengikuti perkembangan market research. Pada system demikian property management system yang baik akan  mengikuti sesuai perkembangan market.  

Market segmentation harus selalu update. Bila system tidak update berarti kita sebagai operator harus rajin me-reviewnya.

Sebaiknya setiap 6 bulan sekali dilakukan review sebab system harus mengikuti perkembangan marketing bukan sebaliknya sales marketing harus mengikuti system yang baku, atau paling tidak setahun sekali sesuai dengan perubahan Business Plan.

Sales marketing harus active, teliti dan accurate dalam men-tracking data. Apabila front office / Reservation ragu-ragu meng-indentified bookingan, keep asking to Sales Marketing.

Have a blessed time! 



World Food 



Wat Chayamangkalaram, Penang - Malaysia 





The Floating Mosque - Tanjung Bungah 
Penang - Malaysia 



Dharmikarama Burmese Buddhist Temple 
Penang - Malaysia 

*** 


"Commit your work to the Lord, and your plans will be established" 
(Proverb 16:3)
Related posts

Comments