Kerja

Karena bekerja seseorang bisa berkeliling dunia, bertemu orang-orang hebat, dan berprestasi. A. Nicol mengarungi lautan selama sejak 5 tahun lalu  dan singgah di negara-negara Europe, USA dan Asia Pacific. "Play time"

Bagaimana caranya meringankan pekerjaan? Jangan berpikir bahwa anda Dewa Atlas yang harus memikul bumi di atas bahu. Jangan membanting tulang dan ngotot. 

Tetapkan untuk menanggulangi pekerjaan anda, maka kebimbangan anda akan menjadi hal yang menyenangkan. Anda tak usah pindah pekerjaan. Di masa ini bertahanlah kecuali memang sudah nasib mesti cuti tak berbayar. Rubahlah diri anda sendiri, maka anda akan mempunyai pandangan lain atas pekerjaan anda. Buatlah program atas pekerjaan anda, dan kerjakan menurut program itu. Tiadanya sistem yang pasti membuat pekerjaan anda carut marut. 

Jangan mencoba untuk menyelesaikan sekaligus, toh anda masih memiliki banyak kesempatan. Seperti menampung air dalam ember. Bila tak dituang, meleber kemana-mana terbuang percuma. Pekerjaan tak ada habisnya. Begitulah setiap hari kita melakukannya, berulang-ulang. Kecuali sudah tak berdaya sama sekali. 

Kesempatan baik untuk bekerja itu jarang-jarang datang. Jika kita melalaikannya kita akan menyesal tak habis-habisnya. Kita harus pandai melihat dan mencium kesempatan baik. Sic vos non vobis. Begitulah anda bekerja tetapi bukan untuk diri anda sendiri. 

Ambilah sikap yang benar terhadap pekerjaan anda. Ingatlah bahwa berat atau ringan itu tergantung pada pemikiran anda. Jika anda berpikir bahwa itu adalah sukar, maka akan menjadi kenyataan itu adalah sukar. Sebaliknya Jika anda berpikir bahwa sesuatu adalah mudah, hal itu membuat ringan. A man what he is thinking. 

Hendaklah bekerja secara efisien. Knowledge is power. Kennis is macht (Dutch. Le savoir est puissance (French). Die Wissenschaft ist Macht (German). Pengetahuan adalah kekuatan! 

Ilmu itu kuasa. Adalah selalu lebih mudah mengerjakan sesuatu dengan cara yang benar. Pelajarilah dengan keadaan tidak tegang. Dow alles kalm aan. Berbuatlah dengan irama dan gaya anda sendiri. Ciptakan suatu kebiasaan untuk tidak menunda-nunda sampai esok hari, sesuatu yang bisa anda kerjakan hari ini. 

Penundaan berarti menambah beban. Bekerjalah berdasarkan jadwal waktu (tijdschema). Jadikanlah pekerjaan anda suatu acara seperti “play time” maka anda akan tenang dan efisien dalam pekerjaan. Ada satu hotel yang memakai semboyan itu dalam logonya. Kemungkinan itulah maksudnya. Jargon lengkapnya 'Play time anytime'. Bagus!

Seorang pembuat mur kecil (yang baik perangainya) lebih berguna daripada seorang sopir yang bekerja ugal-ugalan. Seorang penyapu jalan (yang kelakuan dan tabiatnya baik) lebih diperhitungkan daripada pejabat berkarakter pencuri. Duh kasihan orang-orang macam ini. Perlu proses panjang menggodok karakter buruk menjadi sebaliknya.

Anda ingin menjadi seorang yang diperhitungkan? Ubahlah karakter anda, belajar mengerti dan mendengar orang-orang disekililing anda. Niscaya mereka akan menyukai anda. Tak ada kesulitan dalam dunia ini kecuali pertentangan kedaginan yang saling tarik menarik dengan keinginan surgawi.

Kehormatan, nama baik serta sukses anda pada hari depan bergantung pada anda melakukan serta pengetahuan cara anda bekerja. Werk is een kwestie van karakter niet van salaris. Perkara gaji bisa dirubah setiap saat, tetapi kesalahan dan kebodohan cara bekerja merupakan kerugian abadi (permanent verlies) 

Orang tidak bisa bahagia dengan sesungguhnya jika ia tidak menaruh keyakinan kepada kejujurannya. Jika ia tidak yakin bahwa ia berbuat sebaik-baiknya agar semua berjalan dengan patut, adil, jujur dan menurut aturan. 
Manusia sudah dikodratkan bahwa setiap penyelewengan dari kebenaran akan membuat manusia itu tidak bahagia dan perasaan kehormatan manusia itu lenyap seketika. 

Terasa oleh kita jika kita berbuat yang jujur dan benar, kita patuh kepada hukum yang terlukis dalam hati nurani kita, akan menimbulkan rasa aman dan sejahtera. Begitu pula akan terasa adanya protes dalam jiwa jika kita tidak patuh kepada suara hati nurani. Orang akan mendapat perasaan senang segera setelah ia berbuat baik. Jiwa yang tidak haus akan kebenaran, keindahan atau kebajikan adalah hal yang mengenaskan. 

Masyarakat tidak membutuhkan orang yang tahu sedikit-sedikit tentang banyak hal tetapi butuh orang yang menguasai satu faculty saja secara mendalam. Non multa sed multum


Karena kerja 'masuk Kompas TV 


Related posts

Comments