Lurus

Hanya panah yang lurus yang dapat mengenai sasarannya. Di tengah jalan menuju cita-cita selalu banyak rintangan. Bermacam-macam godaan datang, dan jika orang tidak teguh dalam pertahanan atas idenya, pasti kandas, gagal di tengah jalan.

Efisiensi. Berjalan secepat-cepatnya, biaya sekecil-kecilnya tetapi dengan hasil sebesar-besarnya. 

Jalannya antara lain:

1. Tidak banyak bicara; mempergunakan waktu secermat-cermatnya

2. Arahkan intensi kepada sasaran selalu. Concentreer uw aandacht naar het magnum opus. Dalam bahasa Inggris sama artinya dengan 'concentrate your attention to the target

3. Cita-cita itu hangat pada setiap kita bangun pagi.

4. Hilangkan segala pikiran dan tindakan yang merintangi datangnya cita-cita.

Yang penting serahkanlah segala masalah di tangan Tuhan. Yakinlah sebesar-besarnya bahwa cita-cita itu pasti tercapai dan jika sudah kita serahkan kepada Tuhan maka hati kita jadi tenang. Bebas dari segala kekuatiran. Hanya orang yang bebas dari kekuatiran yang selalu gembira karena cita-citanya pasti tercapai. Dialah orang yang romannya selalu menyinarkan kebahagiaan.

Sinar roman orang yang tidak tenang selalu membawa suasana sedih, duka, susah. Sebaliknya orang yang segar, optimis mempengaruhi orang yang ada di sekitarnya menjadi gembira pula. Teguhkan hati, bahwa Tuhan beserta perjuangan kita.

Panah-panah kita adalah sebagai panah Nabi Daud pada jaman dahulu. Semboyannya : La takhaf wa la tahzan innallaha ma'ana. Jangan takut sebab Tuhan beserta kita! Kalau ada orang berkata : Cita-citamu jangan terlalu tinggi, nanti kau jatuh. Hal itu terlalu tinggi: Bayang-bayang sepanjang badan. Perkataan itu tak perlu didengarkan. Bayang-bayang tidak harus sepanjang badan. 

Jari kita bisa berbayang-bayang sebesar pohon kelapa. Ingatlah akan perlawanan yang dikira oleh orang tidak berhasil, seperti: perjuangan Damarwulan melawan Menakjinggo. Daud melawan Goliath, Santu Jors melawan ular naga. Semuanya menunjukkan bahwa meskipun senjata kita jauh lebih sederhana tetapi dalam hati kita ada keyakinan pasti menang: Pasti menang!

Panah lurus adalah keyakinan.


SMK in Pontianak at Golden Tulip Hotel Pontianak 


Quote: So many books, so little time

To read more 'Bunga Rampai please click Description & content

Comments