Mari kita tengok beberapa tips guna meningkatkan revenue meeting room (MICE) yang dapat diterapkan di hotel kita.
1. Kenali business trend
Kita buka file tahun
lalu, sekitar 1 atau 2 tahun kebelakang, kemudian periksa daftar perusahaan yang
mengadakan acara pada periode yang sama. Corporate company biasanya mengadakan
acara pada period yang sama karena itu kita harus mencatat event apa saja
setiap minggu pada ‘Banquet Weekly Report’
Sales Manager harus me-review setiap hari sebagai dasar mereka sales call untuk mengingatkan pelanggan. misalnya kick off meeting dari para distributor product consumer, quarterly meeting dari pharmaceutical, dsb
2. Focus pada distribution by segmentation
Kita harus rajin mengenali benar
distribusi dari segmentation MICE (Meeting, Incentive, Conference,
Exhibition/Event). Misalnya Untuk Wedding dilakukan oleh staff – Wedding specialist
yang cocok dan luwes memegang tanggung jawab ini. Wedding ceremony & wedding party dari culture tertentu diadakan pada musimnya.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa percentage
terbesar (offline) dari MICE di Indonesia yaitu dipegang oleh government sebesar 30% – 35%
berdasarkan urutan revenue, kedua adalah Corporate company, dan sisanya adalah segment
lainnya.
Wedding di Ballroom SwissbelHotel Balikpapan/dokpri
3. Menjalin hubungan baik dengan Event Organizer, PCO, dan WO
Event Organizer berperan sangat
membantu hotel sebagai partner dalam penjualan Convention Hall/Grand Ballroom
hotel kita. Mereka mempunyai networking yang luas dan mereka memerlukan sales
marketer untuk bekerjasama mensukseskan acara dari pihak ketiga yaitu
user.
4. Cepat meresponse event proposal
Setiap sales marketer harus
mengirimkan semua offering letter dalam jangka waktu 24 jam setelah permintaan
dari client. Mandatory. Menjawab secara cepat sebagai tanda kita menghargai
client
Lihat juga
5. Membuat meeting package secara konsisten
Buatlah meeting package untuk
menarik pelanggan. Program ini baik sekali dimasa periode slow, dimana meeting
room tiada bookingan. Maka proyeksikan 3 bulan kedepan secara detail dan satu
tahun khusus untuk pemesanan wedding. Misalnya adalah memberikan voucher gratis
untuk Coffee Break 10 orang bila melakukan pemesanan ruangan meeting pada
periode tertentu. Kemudian berikan incentive pada EO untuk periode yang telah
ditentukan, dll
6. Lebih
flexible kepada repeat customer
Pertama kali customer
mengkonfirmasikan penggunaan meeting room, hendaknya seluruh perhatian dan
focus kita pada event ini. Disamping kita harus memberikan kesan yang baik, penuh
perhatian kepada event mereka juga untuk menunjukkan bahwa product kita adalah
pantas untuk dijadikan tempat mereka di setiap acara mereka di kemudian hari.
Setelah kita dapat meyakinkan
customer pada event berikutnya akan lebih memudahkan kita mengerjakan segala
sesuatunya termasuk fasilitas dan waktu penempatan ruangan. Bila ada permintaan
diluar yang biasanya, kiranya dapat dipertimbangkan untuk dipenuhi sebagai
bentuk penghargaan hotel kepada customer.
7. Kreasi menu (FB product)
Sebagai tempat pilihan para
customer untuk meeting mereka, setelah semua persiapan meeting sempurna maka
tinggalah selama berlangsungnya event. Bukan berarti sales marketer menunggu
mereka selama meeting tetapi response lah semua input yang disampaikan baik
sebelum atau selama acara bahkan setelah acara.
Nah biasanya customer selalu
menghubungi kita walaupun selama acara berlangsung untuk memastikan segala
sesuatu berjalan baik. Bila hal ini terjadi, kita harus selalu berusaha
meyakinkan customer melalui banquet staff yang berada di operation area. Terutama
perihal menu baik menu lunch, coffee break atau dinner. Turn over dari meeting
biasanya rata-rata 2 hari penggunaan
meeting room. Bila paket yang diambil Fullboard, nah inilah saatnya membuat
nyaman tamu-tamu dengan menyajikan menu creation yang innovative. Selalu
bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan dari peserta meeting.
Ingat bahwa pada akhirnya kita
membutuhkan testimonial bukan hanya dari organizer / penyelenggara saja tetapi
peserta meetingpun wajib kita tanya sebagai bahan review.
8. Questioner sebagai testimonial
Setelah seluruh kegiatan tuntas, kita harus bertanya point
apa saja yang akan kita jadikan bahan review oleh hotel management . Organizer
atau pesertapun boleh saja, paling tidak 5 testimonial di atas kertas yang akan
membuktikan apakah event-event mereka sukses diadakan di hotel kita.
>> Lay out atau floor plan yang akurat
>> Kualitas photo-photo meeting room yang bagus
>> Create video meeting room dan hotel
>> Penjelasan perbedaan masing-masing meeting room
>> Kesempatan untuk memberikan testimonial dari para
langganan
*Courtesy Golden Tulip Pontianak
>> Accommodating
facilities
- 1. Meeting room
- 2. Space for break-out session
- 3. Parking area
>> Location of
the venue
- 1. Distance and connectivity
- 2. Destination image
- 3. Security
- 4. Authenticity
- 5. Places of interest around the venue: Shopping center, Mall
>> Technical equipment
- 1. Internet connection and wifi
- 2. Sound System, Wireless,
- 3. LCD (In-focus) and presentation
- 4. Lighting
>> Catering
- 1. Restaurant facilities
- 2. Menu options
- 3. Setting decoration options
>> Security of
the participants
- 1. Privacy guarantee
- 2. Preventive measures for any incidents
>> Hotel’s
policies
- 1. Booking and cancellation policies
- 2. Involvement in the event
Comments