Hotel Room Sales Strategy

Dear hotelier,

Setelah kita mengerjakan Marketing Plan, akan dihadapkan dengan pembuatan sales strategy. Sales strategy bersifat fleksibel. Bila tidak dapat diterapkan oleh karena suatu alasan tertentu, maka  diperlukan revisi atau dihapus.

Alasan tertentu tersebut dapat berupa market yang berubah. Force majeur, kebanjiran di seluruh kota atau alasan dana yang terbatas.

Bagaimana strategi  agar tingkat hunian kamar (occupancy hotel) stabil atau meningkat? Ini adalah pokok kerja tim marketing. 

Apa saja yang memberi kontributor terbesar agar strategi penjualan kamar meningkat:

1. Informasi lengkap dari Website

Informasi lengkap di website, menimbulkan kesan tersendiri bagi pengunjung Secara detail mereka akan melihat floorplans, photo kamar. fasilitas hotel,dsb. Terutama Unique SellingPoint (USP)yang membedakan dengan hotel pesaing. 

2. Hotel direct sales 

Penjualan direct booking online atau penjualan kamar langsung dari hotel kepada buyer adalah hal  utama. Penjualan langsung akan memiliki keuntungan besar bagi hotel operator guna mendukung revenue goal. Hal ini disebabkan hotel tak perlu membayar  komisi kepada  OTA.

Agar dapat menerapkan direct booking strategy ini, hotel manager harus mengupayakan tersedianya online booking system yang dihubungkan ke hotel website dan Property Management System (PMS). Operator harus pula mengutamakan media sosial untuk membantu proses direct booking.

Lihat juga Marketing Strategy pada blog ini.

(foto courtesy Manhattan Apartment Medan, Sumatra - Indonesia)

3. Destination marketing 

Strategi ini memerlukan kerjasama hotel operator dengan professional business tourism  di tempat yang dituju guna promosi area wisata. Melalui campaign destination marketing, local business team menguatkan inbound tourism dan menambah traffic di area tersebut.

4. Cross-promotional 

Hotel manager perlu mengindentifikasi dan mengevaluasi berbagai acara bergengsi sepanjang tahun kalender. Kemudian operator hotel menyiapkan promosidi hotel. Program ini dipastikan mendatangkan arus booking yang banyak, seperti acara konser artis ibukota,  sport event berskala nasional; badminton, sepak bola, dan lainnya.

5. Guest rewards sales 

Akhir-akhir ini sebagian besar traveler adalah berasal dari kaum millennial. Mereka gemar sekali akan rewards. Hotel akan menyiapkan gift dari rewards program bertujuan agar tamu-tamu tetap loyal, meningkatkan penjualan, dan mempromosikan pada teman dan keluarganya. Reward sales strategy mengarahkan pada pemesanan kamar yang berkesinambungan.


6. Revenue management sales strategy

Strategy ini untuk memaksimalkan jumlah room night production setiap tahun. Revenue management menyarankan hotel operator untuk menurunkan room rates selama low season agar menstimulate pemesanan kamar sementara waktu dan menaikannya pada ‘high traffic time. Client akan membayar tinggi harga kamar untuk sebuah room. Cara ini sangat baik untuk meningkatkan RevPar.

7. Selling techniques 

Inti dari strategy yaitu agar hotel tetap konsisten, fokus pada quality & quantity di level business tertentu yang telah ditetapkan. Beberapa usaha lain untuk meningkatkan penjualan room antara lain:

Upselling – Penjualan kamar fokus pada qualified dan harga. Pastikan client anda memilih pilihan yang tersedia dan terbaik.

Re-marketing – Mengingatkan client yang telah melakukan reservasi melalui website agar selalu melakukan booking melalui website. Berikan penjelasan keuntungan dari promosi hotel.

Incentives or cross-selling – Memberikan incentive untuk cross-selling program. Biasanya kita disarankan menjual kamar dalam bentuk group, selain untuk memajukan brand hotel juga menambah pundi-pundi revenue. 

Tambahkan extra bonus sebagai added value kepada client, misalnya berupa free massage atau city tour.

Build local partnerships – Terutama bila hotel berlokasi terisolir, diupayakan melakukan kerjasama partnership seperti mempermudah access ke lapangan golf, area permainan anak-anak, special shops, theme park, museum, dll

Make booking easy on your website Website hotel disarankan agar mempermudah visitor melakukan room booking.


Hotel sales and marketing

Departemen sales marketing harus bekerjasama dengan tim, kompak menjual kamar secara efektif. Tim harus memahami dasar sebagai seorang sales yang cakap untuk melayani keinginan tamu dan management.

Itulah sumber penghasilan dari kamar. Sejatinya bila dilakukan dengan konsisten akan membantu peningkatan pendapatan hotel.

Dalam bisnis perhotelan, marketing harus dapat membuat para tamu menaruh perhatian penuh terhadap produk hotel. Kedua, selalu berupaya agar membuat nyaman para tamu. 

Happy selling!


*Photo courtesy Manhattan Apartment ~ Medan
 North Sumatra ~ Indonesia


Quote: "Segala sesuatu dari Dia, oleh Dia dan kepada Dia"

Diperbaharui 3 Juni 2021

Comments