Dear hotelier,
Setelah kita mengerjakan Marketing Plan, akan dihadapkan dengan pembuatan sales strategy. Sales strategy bersifat fleksibel. Bila tidak dapat diterapkan oleh karena suatu alasan tertentu, maka diperlukan revisi atau dihapus.
Alasan tertentu tersebut dapat berupa market yang berubah. Force majeur, kebanjiran di seluruh kota atau alasan dana yang terbatas.
Bagaimana strategi agar tingkat hunian kamar (occupancy hotel) stabil atau meningkat? Ini adalah pokok kerja tim marketing.
Apa saja yang memberi kontributor terbesar agar strategi penjualan kamar meningkat:
1. Informasi lengkap dari Website
Informasi lengkap di website, menimbulkan kesan tersendiri bagi pengunjung Secara detail mereka akan melihat floorplans,
photo kamar. fasilitas hotel,dsb. Terutama Unique SellingPoint (USP)yang
membedakan dengan hotel pesaing.
2. Hotel direct sales
Penjualan direct booking online atau penjualan kamar langsung dari hotel kepada buyer adalah hal utama. Penjualan langsung akan memiliki keuntungan besar bagi hotel operator guna mendukung revenue goal. Hal ini disebabkan hotel tak perlu
membayar komisi kepada OTA.
Agar dapat menerapkan direct booking strategy ini, hotel manager harus mengupayakan tersedianya online booking system yang dihubungkan ke hotel website dan Property Management System (PMS). Operator harus pula mengutamakan media sosial untuk membantu proses direct booking.
Lihat juga Marketing Strategy pada blog ini.
3. Destination marketing
Strategi ini memerlukan kerjasama hotel operator dengan professional business tourism di tempat yang dituju guna promosi area wisata. Melalui campaign destination marketing, local business
team menguatkan inbound
tourism dan menambah traffic di area tersebut.
4. Cross-promotional
Hotel
manager perlu mengindentifikasi dan mengevaluasi berbagai acara bergengsi sepanjang tahun kalender. Kemudian operator hotel menyiapkan promosidi hotel. Program ini dipastikan mendatangkan arus
booking yang banyak, seperti acara konser artis ibukota, sport event berskala nasional; badminton, sepak bola, dan lainnya.
5. Guest rewards sales
Akhir-akhir ini sebagian besar traveler adalah berasal dari kaum millennial. Mereka gemar sekali akan rewards. Hotel akan menyiapkan gift dari rewards program bertujuan agar tamu-tamu tetap loyal, meningkatkan penjualan, dan mempromosikan pada
teman dan keluarganya. Reward sales strategy mengarahkan pada pemesanan kamar yang berkesinambungan.
6. Revenue management sales strategy
Strategy ini untuk
memaksimalkan jumlah room night production setiap tahun. Revenue management
menyarankan hotel operator untuk menurunkan room rates selama low season agar
menstimulate pemesanan kamar sementara waktu dan menaikannya pada ‘high
traffic time. Client akan membayar tinggi harga kamar untuk sebuah room. Cara ini sangat baik untuk meningkatkan RevPar.
7. Selling techniques
Inti dari strategy yaitu agar hotel tetap konsisten, fokus pada quality & quantity di level business tertentu yang telah
ditetapkan. Beberapa usaha lain untuk meningkatkan
penjualan room antara lain:
Upselling – Penjualan kamar fokus pada qualified dan harga. Pastikan
client anda memilih pilihan yang tersedia dan terbaik.
Re-marketing – Mengingatkan client yang telah melakukan reservasi melalui website agar selalu melakukan booking melalui website. Berikan penjelasan keuntungan dari promosi hotel.
Incentives or cross-selling – Memberikan incentive untuk cross-selling program. Biasanya kita disarankan menjual kamar dalam bentuk group, selain untuk memajukan brand hotel juga menambah pundi-pundi revenue.
Tambahkan extra bonus sebagai
added value kepada client, misalnya berupa free massage atau city tour.
Build local partnerships – Terutama bila hotel berlokasi terisolir, diupayakan melakukan kerjasama partnership seperti mempermudah access
ke lapangan golf, area permainan anak-anak, special shops, theme park, museum,
dll
Make booking easy on
your website – Website hotel
disarankan agar mempermudah visitor melakukan room booking.
Hotel sales and marketing
Departemen sales marketing harus bekerjasama dengan tim, kompak menjual kamar secara efektif. Tim harus memahami dasar sebagai seorang sales yang cakap untuk melayani keinginan tamu dan management.
Itulah sumber penghasilan dari kamar. Sejatinya bila dilakukan dengan konsisten akan membantu peningkatan pendapatan hotel.
Dalam bisnis perhotelan, marketing harus dapat membuat para tamu menaruh perhatian penuh terhadap produk hotel. Kedua, selalu berupaya agar membuat nyaman para tamu.
Happy selling!
Quote: "Segala sesuatu dari Dia, oleh Dia dan kepada Dia"
Diperbaharui 3 Juni 2021
Comments