Marketing Strategy

(ilustrasi pixabay)

Dear Hotelier,

Sebelum membaca laman ini, sebaiknya anda membuka page  Global Marketing Hospitality  disana,telah diuraikan bahwa Digital Marketing merupakan salah satu marketing strategies hotel menuju Global Marketing. Digital Marketing sangat diperlukan hampir di seluruh business line sejak 10 tahun terakhir.

Dalam marketing strategy, management hotel bebas menentukan strategi yang akan diterapkan termasuk bantuan digital marketing baik melalui searching result maupun jenis platform.  Pada laman  ini penulis akan jelaskan apa keunggulan dan kekurangan masing-masing strategy dari digital marketing. Untuk itu dapat dipertimbangkan pula pada penerapannya.

Kita semua paham bahwa marketing strategy bertujuan untuk memenuhi kepuasan customer. Setiap hotel pasti memilih jenis marketing strategies yang tepat untuk memenuhi target revenue. Salah satu strategy yaitu berkonsentrasi pada Digital Marketing (DM) development.

Kini sudah tak asing lagi bahwa DM menguasai hampir seluruh operating business line. Itulah dampak dari Internet of Things (IoT). Tengok saja di tengah pandemic covid 19, fungsi sales person digantikan oleh seluruh proses digital marketing dengan bantuan internet dalam hal advertisement termasuk penjualan melalui online travel agent (OTA). Bahkan untuk database saja kita cukup mencetak / print out dari system yang sudah ada. Very easy!

Sengatnya, jaman now sangat bergantung pada internet. (IoT).

Di masa mendatang sales visit hanya dilakukan jika penting dan mendesak karena masalah pandemic covid 19 /Photo Golden Tulip Pontianak berkunjung ke TVRI-Pontianak (2017)/*dokpri

Tipe basic dari online marketing adalah :
1. Social Media Marketing (SMM)
2. Search Engine Optimization (SEO)
3. Pay Per Click (PPC)
4. E-mail marketing 
5. Content Marketing

Mengapa kita harus focus pada Digital Marketing? Digital marketing strategies memakan biaya yang cukup murah bila dibandingkan dengan cara traditional seperti pada pemasangan advertisement di radio, billboards, newspaper, magazine, banner, dll.

Apa keuntungan digital marketing?

1. Sangat mudah dan cepat dalam memasarkan product kita untuk menjangkau pelanggan

2. Menjangkau publik secara lebih luas

3. Menjalin komunikasi yang baik antara hotel dengan pelanggan dan publik

Untuk menentukan marketing strategy yang terbaik bagi management hotel, mari kita tengok media apa saja yang diperlukan untuk melengkapi kebutuhan marketing hotel promotion.

1. Social Media Marketing (SMM)

Menurut survey data dari Amerika lebih dari 2,8 milyar orang memakai social media. Percentage nya sebesar 37% dari populasi dunia. Jumlah ini mencakup semua golongan usia. Bahkan anak-anak berusia 10 tahun sudah mulai memakai social media secara teratur.

Dari sekian banyaknya Socia Media, dibawah ini adalah chart tahun 2018 dari APJII – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, menunjukan hanya beberapa social media yang dominant menarik user di Indonesia. Total sebesar 64.8%, kenaikan sebesar 10% dari tahun 2017.

Lihat juga Survey APJII - Pengguna Internet tahun 2018

Melalui social media kita mengetahui market apa yang akan di targetkan. Seperti Linkedin adalah application yang paling terkenal secara professional. Instagram untuk socialita, lifestyle, dsb

Social media memberikan kesempatan hotel berinteraksi dengan audience. Inilah kesempatan untuk mengenalkan business dan promosi hotel. Tak masalah siapa saja yang berada disana, yang penting kita masih tetap berinteraksi. Walaupun melakukan promotion melalui social media tidaklah mudah. Selalu saja ada rintangan dan tantangan, Dibutuhkan ketekunan untuk mengerjakannya.

Social Media Marketing (SMM) Challenges

Memerlukan waktu secara bertahap dan dilakukan secara consistent untuk bersaing dengan competitors, kita harus meluangkan waktu setiap minggu untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Menjalin hubungan erat dengan audience

2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul

3. Selalu mem-posting content yang berkualitas baik

Kesalahan yang sering terjadi biasanya:

>> Salah paham terhadap kata-kata dalam postingan yang tidak detail

>> Cost Per Click (CPC) pada advertising social media tak dapat di control

>> Platform yang mudah digunakan oleh masyarakat. Karena mudahnya, mereka asyik mencurahkan waktu berjam-jam. hmm..

>> Biaya yang murah untuk beriklan di social media diikuti oleh PPC (Pay Per Click) model. 

>> Kita dapat mem-posting content marketing secara bersamaan seperti photo, video, website. Kesannya lebih lengkap.

>> Memiliki target yang jelas berdasarkan klasifikasi personality, kebiasaan, hobby, lokasi.

Itulah sebabnya mengapa SMM adalah marketing strategy terbaik untuk menjangkau audience yang effective. Mudah mengontrolnya, hemat waktu dan biaya.

Brand Loyalty

Menurut survey, 70% dari pelanggan yang mempunyai pengalaman positive dari satu company di social media, besar kemungkinan akan melakukan re-post atau re-tweet kepada teman-teman & keluarganya.

Being on social media and showing everyone that you’re human is what it’s all about.

Untuk mengukur effective atau tidaknya, periksa point berikut:

1. Kenaikan jumlah follower dari minggu ke minggu

2. Kenaikan jumlah rata-rata dari ‘likers

3. Comment yang positive



2. SEO (Search Engines Optimization)

SEO akan mengarahkan  traffic kepada website hotel. Jika hotel menempati top position atau setidaknya pada page 1 (satu) dari SERP’s (Search Engine Result Page), itu tandanya SEO berfungsi.

Mendapatkan peluang pada page pertama dari search engines memerlukan waktu dan kesabaran. Kita harus terus menerus memperhatikan kerja SEO agar website hotel ada peningkatan secara bertahap. Program ini memakan waktu panjang, sepanjang hotel berdiri dan selama waktu itulah diperlukan search engines yang tepat.

SEO tidak bertumbuh secara instant.

Melalui SEO, dalam search result , bila didapati website hotel kita berada di posisi top berarti kita berkompetisi dengan ribuan hotel . Sebab itu kita harus selalu update mengenai SEO tips dan perubahannya.

Visibility adalah keuntungan terbesar dari SEO. Hal ini akan membawa visibility dari hotel dan mendatangkan revenue yang tak terduga.

SEO membantu membangun kepercayaan antara hotel dengan potential customer dan juga search engines. Mengapa? Sebab customer akan lebih percaya bila hotel yang dalam pencarian menempati top search result. Kemudian Search engines mempercayai website hotel karena keberadaannya. Hal ini akan memberikan masa depan yang baik bagi hotel.

SEO memberikan ‘free traffic yang tiada henti kepada website hotel.

3. PPC (Pay Per Click)

PPC memang memerlukan biaya, tetapi kita akan mendapatkan hasil yang bermanfaat. Pada prinsipnya adalah kita akan membayar untuk setiap advertisement yang di  ‘click oleh user. Kita bisa memeriksanya melalui Google, Bing atau Yahoo, tersgantung media mana yang akan digunakan

Point yang perlu diingat:

>>  Bila visitor berkunjung ke hotel website berarti  mereka meng-click adverstisement via PPC.

>> Harga yang dibayar per click tergantung dari key words.

>> Harga yang di ‘click berfluktuasi dalam hitungan menit. Semacam stock market.

>> PPC Challenges yaitu menolak sponsored Ads, survey menurut Google menyatakan bahwa 85% orang-orang lebih menolak sponsor advertisement.

4. E-mail Marketing

Brand Damage

Bila kita kurang berhati-hati, email marketing dapat merusak image dari brand hotel. Contohnya bila kita mengirimkan ribuan e-mail kepada penerima diluar database , besar kemungkinan receiver akan memasukan dalam spam.

Membeli e-mail list dan mengirimkannya adalah hal yang sangat mudah tetapi amat berbahaya bagi image dan justru berstatus illegal jika penerima email tidak menghendaki email-email tersebut. Jangan membeli e-mail list, selain tidak baik juga akan merusak brand image.

Email marketing adalah tipe dari marketing strategies yang hanya akan berhasil bila dilakukan secara teratur, rapih dan consistent.

Mudah digunakan

Unsubscribe link mudah di click bila content yang tidak relevant mengganggu user.

Email Design. Sekitar setengah pengguna internet adalah dari mobile device. Sebaiknya email menggunakan response design agar memberikan kesan yang baik.

email personalization. Tulislah content yang bermanfaat dan bernilai bagi reader

Professionalism. Tampilkan email marketing secara professional. Check kesalahan grammer dan salah tulis dari kata-kata, untuk menghindari kesalahan dan memberikan kesan yang baik terhadap reader.

Email Advantages

1. Kita dapat merapikan email-email dengan baik, mana yang telah diterima, mana email yang tidak active dan siapa yang menjadi subscriber .

2. Email marketing memberikan target sebagai pilihan tertentu. Kita dapat membuat beberapa jenis content dengan melihat audience berbeda berdasarkan penghasilan misalnya.

3. Satu marketing email dapat dibuat dan dikirimkan hanya beberapa jam saja untuk menjangkau jutaan penerima dalam beberapa menit. Melalui email marketing, kita mampu meresponse segera

4. Brand Loyalty

Keuntungan:

1. Dapat meningkatkan rating brand jika dikerjakan dengan benar.

2. Melakukannya dengan benar berarti secara direct membawa audience ke website hotel melalui e-mail. Hal ini akan mudah diingat penerima,  

3. Sekali kali menawarkan discount pada periode tertentu

4. Pada saat banyaknya visitor datang ke website hotel, ini sangat bermanfaat sebab kita sedang membangun basic untuk loyal customer . Dan seringkali loyal customer ingin membelanjakan uang nya 

5. Affordable: Kita dapat mengirimkan ribuan email setiap bulannya dengan biaya yang cukup memadai.

If someone likes what’s in your email, all they need to do is “forward” it to their friends/family and boom – free exposure!


5. Content Marketing

Content marketing berbeda marketing strategies, juga berbeda dari advertisement traditional. Content Marketing dapat mempengaruhi pikiran pembaca. Hal ini memerlukan banyak waktu, ketekunan dan keahlian dalam menulis.

Strategy

Hal pertama yang membuat reader malas membaca adalah menyangkut subject content marketing yang tak menarik. Buatlah marketing calendar dan planning kiranya topic apa yang akan direlease. Jadi sudah dipersiapkan schedule  untuk 3 bulan kedepan.  Topics bisa saja sekitar FAQs, ini akan menjadi bahasan menarik bagi consumen, juga stories yang apik dan rapih.

Time Consuming

Content marketing dikerjakan secara consistent dan harus sungguh-sungguh berkomitment untuk meluangkan waktu dan focus

Long Term

Sama halnya dengan SEO, content marketing adalah strategy untuk jangka panjang  mencapai keberhasilan yang gemilang. Hotel-hotel di Indonesia baik International chains maupun local hotel masih banyak yang belum memiliki content marketing secara specific. Seperti short story dilakukan di content website. Padahal jika penyajian dilakukan lebih menarik dan lengkap dapat dikerjakan melalui blog.

Potential customer yang rajin membaca blog secara teratur, akan tampak setelah satu tahun bahwa mereka memahami product dan service hotel sebelum mereka menjadi fans hotel.

So if you don’t see an immediate surge in new business, don’t give up on content marketing!

Content Marketing Advantages

Keuntungan dari content marketing sebagai long term marketing strategies. yaitu:

1. Engaging

Menjalin komunikasi dengan audience dan ketika seseorang membeli sesuatu yang ditawarkan, mereka akan memperioritaskan sebab mereka paham product yang ditawarkan

2. Traditional publicity vs content marketing

Supaya website kita dapat dipercaya, maka kita harus menyajikan content yang baik dan bernilai.  product review, video adalah yang populer belakangan ini. Pada kenyataannya 90% dari consumen lebih menyukai video sebelum membeli product kita. 37% lebih menyukai online video untuk mengecheck brand product terlebih dahulu.

Content marketing yang rapih dan teratur juga mempengaruhi SEO sebab menunjukan pada Google bahwa website kita active. Lamanya waktu membaca (reading timing) content dari visitor akan menunjukan pula bahwa website kita  ‘trust worthy.

The key thing to remember is this – social media will make people like you, and content marketing will make people trust you.

Mana yang terbaik dari Marketing Strategies?

Setelah melihat pilihan dari marketing strategies, anda harus memilih satu yang terbaik untuk  diterapkan atau 2, 3 pilihan. Semakin banyak media yang kita pilih semakin bagus untuk promotion hotel. Dan tentu saja biayapun akan meningkat. Biaya dari SEO sebagai contoh di tahun 2015 sebesar sekitar IDR 200 juta per satu tahun. Tapi ingat, biaya itu dapat dibagi per bulan, sehingga terasa ringan, sepadan dengan manfaat yang didapat. Seluruh type dari Marketing Strategies ini membuat synergy satu sama lain secara bersamaan.

Page ini bukan promotion, tetapi anda dapat menghubungi Lyfe Marketing - SMM Marketing & Management Agency dan berkonsultasi bila memerlukan informasi detail. 

Article yang lengkap terdapat dalam 5 Type of Marketing Strategies


Quote: "The man who removes a mountain begins by carrying away small stones"

Comments