Dear Hotelier,
Sebelum membaca laman ini, sebaiknya anda membuka page Global Marketing Hospitality disana,telah diuraikan bahwa Digital Marketing merupakan salah satu marketing strategies hotel menuju Global Marketing. Digital Marketing sangat diperlukan hampir di seluruh business line sejak 10 tahun terakhir.
Dalam marketing strategy,
management hotel bebas menentukan strategi yang akan diterapkan termasuk bantuan
digital marketing baik melalui searching result maupun jenis platform. Pada laman ini penulis akan jelaskan apa
keunggulan dan kekurangan masing-masing strategy dari digital marketing. Untuk
itu dapat dipertimbangkan pula pada penerapannya.
Kita semua paham bahwa marketing
strategy bertujuan untuk memenuhi kepuasan customer. Setiap hotel
pasti memilih jenis marketing strategies yang tepat untuk memenuhi target revenue.
Salah satu strategy yaitu berkonsentrasi pada Digital Marketing (DM) development.
Kini sudah tak asing lagi bahwa
DM menguasai hampir seluruh operating business line. Itulah dampak dari
Internet of Things (IoT). Tengok saja di tengah pandemic covid 19, fungsi sales
person digantikan oleh seluruh proses digital marketing dengan bantuan internet
dalam hal advertisement termasuk penjualan melalui online travel agent (OTA). Bahkan
untuk database saja kita cukup mencetak / print out dari system yang sudah ada. Very
easy!
Sengatnya, jaman now sangat bergantung pada internet. (IoT).
Apa keuntungan digital marketing?
1. Sangat mudah dan cepat dalam memasarkan product kita untuk menjangkau pelanggan
2. Menjangkau publik secara lebih luas
3. Menjalin komunikasi yang baik antara hotel dengan pelanggan dan publik
Untuk menentukan marketing strategy yang terbaik bagi management hotel, mari kita tengok media apa saja yang diperlukan untuk melengkapi kebutuhan marketing hotel promotion.
1. Social Media Marketing (SMM)
Menurut survey data dari Amerika lebih dari 2,8 milyar orang
memakai social media. Percentage nya sebesar 37% dari populasi dunia. Jumlah ini
mencakup semua golongan usia. Bahkan anak-anak berusia 10 tahun sudah mulai memakai
social media secara teratur.
Lihat juga Survey APJII - Pengguna Internet tahun 2018
Melalui social media kita mengetahui market apa yang akan di targetkan. Seperti Linkedin adalah application yang paling terkenal secara professional. Instagram untuk socialita, lifestyle, dsb
Social media memberikan kesempatan hotel berinteraksi dengan audience. Inilah kesempatan untuk mengenalkan business dan promosi hotel. Tak masalah siapa saja yang berada disana, yang penting kita masih tetap berinteraksi. Walaupun melakukan promotion melalui social media tidaklah mudah. Selalu saja ada rintangan dan tantangan, Dibutuhkan ketekunan untuk mengerjakannya.
Social Media
Marketing (SMM) Challenges
Memerlukan waktu secara bertahap dan dilakukan secara consistent untuk bersaing dengan competitors, kita harus meluangkan waktu setiap minggu untuk melakukan hal-hal berikut:
1. Menjalin hubungan erat
dengan audience
2. Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang muncul
3. Selalu mem-posting content yang berkualitas baik
Kesalahan yang sering terjadi biasanya:
>> Salah paham terhadap kata-kata dalam postingan yang tidak detail
>> Cost Per Click (CPC) pada advertising social media
tak dapat di control
>> Platform yang mudah
digunakan oleh masyarakat. Karena mudahnya, mereka asyik mencurahkan waktu berjam-jam. hmm..
>> Biaya yang murah untuk beriklan di social media diikuti oleh PPC (Pay Per Click) model.
>> Kita dapat mem-posting content
marketing secara bersamaan seperti photo, video, website. Kesannya lebih lengkap.
>> Memiliki target yang jelas berdasarkan klasifikasi personality, kebiasaan, hobby, lokasi.
Itulah sebabnya mengapa
SMM adalah marketing strategy terbaik untuk menjangkau audience yang effective.
Mudah mengontrolnya, hemat waktu dan biaya.
Brand Loyalty
Menurut survey, 70% dari pelanggan yang mempunyai pengalaman positive dari satu company di social media, besar kemungkinan akan melakukan re-post atau re-tweet kepada teman-teman & keluarganya.
Being on social media and showing everyone that you’re human is what it’s all
about.
Untuk mengukur effective atau tidaknya, periksa point
berikut:
1. Kenaikan jumlah follower dari minggu ke minggu
2. Kenaikan jumlah rata-rata dari ‘likers
3. Comment yang positive
SEO akan mengarahkan traffic kepada website hotel. Jika hotel menempati top position atau setidaknya pada page 1 (satu) dari SERP’s (Search
Engine Result Page), itu tandanya SEO berfungsi.
Mendapatkan peluang pada page
pertama dari search engines memerlukan waktu dan kesabaran. Kita harus terus
menerus memperhatikan kerja SEO agar website hotel ada peningkatan secara bertahap. Program ini memakan waktu panjang, sepanjang hotel berdiri dan selama waktu itulah diperlukan search
engines yang tepat.
SEO tidak bertumbuh secara
instant.
Melalui SEO, dalam search result
, bila didapati website hotel kita berada di posisi top berarti kita berkompetisi
dengan ribuan hotel . Sebab itu kita harus selalu update mengenai SEO tips dan
perubahannya.
Visibility adalah keuntungan
terbesar dari SEO. Hal ini akan membawa visibility dari hotel dan mendatangkan
revenue yang tak terduga.
SEO membantu membangun kepercayaan antara hotel dengan potential customer dan juga search engines. Mengapa? Sebab customer akan lebih percaya bila hotel yang dalam pencarian menempati top search result. Kemudian Search engines mempercayai website hotel karena keberadaannya. Hal ini akan memberikan masa depan yang baik bagi hotel.
SEO memberikan ‘free traffic yang tiada henti kepada website hotel.
3. PPC (Pay Per Click)
PPC memang memerlukan biaya, tetapi kita akan mendapatkan
hasil yang bermanfaat. Pada prinsipnya adalah kita akan membayar untuk setiap
advertisement yang di ‘click oleh user.
Kita bisa memeriksanya melalui Google, Bing atau Yahoo, tersgantung media mana yang akan
digunakan
>> Bila visitor
berkunjung ke hotel website berarti
mereka meng-click adverstisement via PPC.
>> Harga yang dibayar per click tergantung dari key
words.
>> Harga yang di ‘click berfluktuasi dalam hitungan
menit. Semacam stock market.
>> PPC Challenges yaitu menolak sponsored Ads, survey
menurut Google menyatakan bahwa 85% orang-orang lebih menolak sponsor
advertisement.
4. E-mail Marketing
Brand Damage
Bila kita kurang berhati-hati,
email marketing dapat merusak image dari brand hotel. Contohnya bila kita
mengirimkan ribuan e-mail kepada penerima diluar database , besar kemungkinan
receiver akan memasukan dalam spam.
Membeli e-mail list dan
mengirimkannya adalah hal yang sangat mudah tetapi amat berbahaya bagi image
dan justru berstatus illegal jika penerima email tidak menghendaki email-email tersebut. Jangan membeli e-mail list, selain tidak baik juga akan merusak brand
image.
Email marketing adalah tipe dari
marketing strategies yang hanya akan berhasil bila dilakukan secara teratur, rapih dan consistent.
Mudah digunakan
Unsubscribe link mudah di click
bila content yang tidak relevant mengganggu user.
Email Design. Sekitar setengah
pengguna internet adalah dari mobile device. Sebaiknya email menggunakan
response design agar memberikan kesan yang baik.
email personalization. Tulislah
content yang bermanfaat dan bernilai bagi reader
Professionalism. Tampilkan email
marketing secara professional. Check kesalahan grammer dan salah tulis dari
kata-kata, untuk menghindari kesalahan dan memberikan kesan yang baik terhadap
reader.
Email Advantages
1. Kita dapat merapikan
email-email dengan baik, mana yang telah diterima, mana email yang tidak active
dan siapa yang menjadi subscriber .
2. Email marketing memberikan target sebagai pilihan tertentu.
Kita dapat membuat beberapa jenis content dengan melihat audience berbeda
berdasarkan penghasilan misalnya.
3. Satu marketing email dapat dibuat dan dikirimkan hanya
beberapa jam saja untuk menjangkau jutaan penerima dalam beberapa menit.
Melalui email marketing, kita mampu meresponse segera
4. Brand Loyalty
1. Dapat meningkatkan rating brand jika dikerjakan
dengan benar.
2. Melakukannya dengan benar berarti secara direct
membawa audience ke website hotel melalui e-mail. Hal ini akan mudah diingat
penerima,
3. Sekali kali menawarkan discount pada periode tertentu
4. Pada saat banyaknya
visitor datang ke website hotel, ini sangat bermanfaat sebab kita sedang
membangun basic untuk loyal customer . Dan seringkali loyal customer ingin
membelanjakan uang nya
5. Affordable: Kita dapat
mengirimkan ribuan email setiap bulannya dengan biaya yang cukup memadai.
If someone likes what’s in your email, all they need to do is “forward”
it to their friends/family and boom – free exposure!
Content marketing berbeda marketing strategies, juga berbeda dari advertisement traditional. Content
Marketing dapat mempengaruhi pikiran pembaca. Hal ini memerlukan banyak waktu,
ketekunan dan keahlian dalam menulis.
Strategy
Hal pertama yang membuat reader malas membaca adalah menyangkut subject content marketing yang tak menarik. Buatlah marketing calendar
dan planning kiranya topic apa yang akan direlease. Jadi sudah dipersiapkan schedule untuk 3 bulan kedepan. Topics bisa saja sekitar FAQs, ini akan menjadi bahasan menarik bagi consumen, juga stories yang apik dan rapih.
Time Consuming
Content marketing dikerjakan
secara consistent dan harus sungguh-sungguh berkomitment untuk meluangkan waktu dan focus
Long Term
Sama halnya dengan SEO, content
marketing adalah strategy untuk jangka panjang
mencapai keberhasilan yang gemilang. Hotel-hotel di Indonesia baik
International chains maupun local hotel masih banyak yang belum memiliki
content marketing secara specific. Seperti short story dilakukan di content
website. Padahal jika penyajian dilakukan lebih menarik dan lengkap dapat
dikerjakan melalui blog.
Potential customer yang rajin
membaca blog secara teratur, akan tampak setelah satu tahun bahwa mereka memahami product
dan service hotel sebelum mereka menjadi fans hotel.
So if you don’t see an immediate surge in new business,
don’t give up on content marketing!
Keuntungan dari content marketing sebagai long term
marketing strategies. yaitu:
1. Engaging
Menjalin komunikasi
dengan audience dan ketika seseorang membeli sesuatu yang ditawarkan, mereka
akan memperioritaskan sebab mereka paham product yang ditawarkan
2. Traditional publicity vs content marketing
Supaya website kita dapat
dipercaya, maka kita harus menyajikan content yang baik dan bernilai. product review, video adalah yang populer belakangan ini. Pada kenyataannya 90% dari consumen lebih menyukai video sebelum membeli product kita. 37% lebih menyukai online video untuk mengecheck brand
product terlebih dahulu.
Content marketing yang rapih dan teratur juga mempengaruhi SEO sebab
menunjukan pada Google bahwa website kita active. Lamanya waktu membaca (reading timing) content
dari visitor akan menunjukan pula bahwa website kita ‘trust worthy.
The key thing to remember is this – social media will make people like you, and content marketing will make people trust you.
Mana yang terbaik dari Marketing Strategies?
Setelah melihat pilihan dari
marketing strategies, anda harus memilih satu yang terbaik untuk diterapkan atau 2, 3 pilihan. Semakin banyak
media yang kita pilih semakin bagus untuk promotion hotel. Dan tentu saja biayapun
akan meningkat. Biaya dari SEO sebagai contoh di tahun 2015 sebesar
sekitar IDR 200 juta per satu tahun. Tapi ingat, biaya itu dapat dibagi per
bulan, sehingga terasa ringan, sepadan dengan manfaat yang didapat. Seluruh type dari
Marketing Strategies ini membuat synergy satu sama lain secara bersamaan.
Comments