Bible reading schedule

Sudahkah anda membaca alkitab secara teratur? Bagaimana cara membaca alkitab? Banyak cara untuk memahami pembacaan alkitab. Bagi kebanyakan kristiani, mereka akan memilih cara yang dianggap tepat dan nyaman untuk dirinya dan dapat diterima oleh Allah.

Pada page ini penulis membuat schedule untuk membaca selama satu tahun. Waktu itu saya mencari-cari cara termudah agar dapat diterapkan setiap hari. Sebetulnya penulis mengikuti guidance dari GEMA yaitu Gerakan Membaca Alkitab Setahun. Bisa dilihat disini  Gerakan membaca alkitab setahun

Tetapi karena terasa singkat, saya memodifikasi dengan cara membaca ulangan, hasilnya bisa dilihat photo di bawah ini. Jika ingin memiliki copy nya di Excel program silahkan anda mengirimkan e-mail ke lifelovecelestine@gmail.com untuk mendapatkannya.




TIME

Perlu saya informasikan bahwa schedule ini adalah untuk type bukan pemula sebab pemula paling tidak hanya membaca berdasarkan banyaknya ayat kecuali perjanjian lama. Dengan disertai kesibukan pekerjaan dari pukul 08:00 am hingga pukul 18:00 termasuk waktu dalam perjalanan, berikut schedule yang telah saya terapkan hingga sekarang sebagai bahan sharing saja.

 Time What to do
 04:00 Wake up
 04:10 - 06:00 Reading bible, pray, worship
 06:00 - 08:00 Preparation going to office
 12:00 Reading Psalm or Proverb through mobile (15 minutes)
 18:00 Finish office hour
 20:00 - 22:00 Reading New Testament/listening sermons from YouTube, Bible Study from YouTube
  Pray and worship

Alkitab sebaiknya dibaca pada waktu pagi hari sebelum memulai hari itu, memakan 1 hingga 2 jam dan waktu malam hari pukul 19.00 dilanjutkan doa dan penyembahan. Membaca alkitab tidak memerlukan kecepatan membaca, terpenting adalah mengerti dan merenungkan setiap kata/ kalimat. 

Saya lebih cenderung memperbanyak portion membaca New Testament, maka tambahkanlah waktu untuk membacanya di malam hari.  Jika terlambat pulang dari office, maka tetaplah kita melakukannya hingga waktu tidur tiba atau waktu tidurpun agak terlambat.

Well, memang kita harus menyediakan waktu bagi Allah karena itu yang terbaik sebab hari-hari yang rutin dilakukan akan dipenuhi kebosanan tetapi akan digantikan sukacita dan damai sejahtera asalkan kita tetap setia memuliakanNya.

Dalam keadaan sibuk karena pekerjaan sehari-hari sangatlah sulit untuk membaca alkitab, Jangankan melakukan bahkan berniatpun tidak. selalu mempunyai alasan pembenaran yaitu sibuk. Saya bersyukur sekarang, Ia memberikan waktu yang unlimited dimasa pandemic ini untuk mengerti firmanNya.

Kembali kepada pembacaan alkitab, di minggu pertama jika kita lakukan memang selalu saja ada hambatan untuk mengerjakannya. Terkadang terlambat bangun tidur karena malas. Lama kelamaan kebiasaan ini menjadikan kebiasaan baru atau mengutip istilah baru yaitu masa ‘new normal. schedule yang memaksa mata anda akan tetap terbuka bila waktu menunjukan pukul 04:00 tiba. Kita harus terbiasa mendisiplinkan diri bila telah ber- commitment untuk menyenangkan hati Allah. Apapun resikonya, misalnya terserang kantuk di office karena bangun tidur lebih awal, abaikan saja. Ingat bahwa tubuh ini adalah untuk memuliakan Tuhan Allah bukan untuk kesibukan pekerjaan duniawi semata. Yang terutama adalah Dia.

2. Connecting with the God

Apabila telah terbiasa dengan kehidupan routine seperti itu, kita tak akan dipusingkan oleh hal-hal seperti kesal dalam kemacetan di jalan raya, menunggu client yang belum tiba di office. Anda tahu mengapa? Sebab hati dan pikiran kita selalu terkoneksi denganNya sehingga waktu-waktu itu  dipergunakan untuk berdialog dengan Allah, membaca Alkitab melalui smartphone, dan sebagainya.

3. Walking by Holy Spirit

Ada satu lagi kebahagiaan kita selama hati kita terpaut kepadaNya, Allah akan menjaga hati yang dipenuhi Roh Kudus, Ia akan menegur, mengingatkan segala sesuatu yang akan dilakukan baik atau buruk. Disitulah fungsi control dariNya.

Dilihat juga article dari Cahaya Pengharapan Ministry  Dipimpin Roh Allah

4. Give your heart to worship Him

Di tengah kesibukan bekerja, segala langkah dan keputusan kita bergantung padaNya. Percayalah, hidup  lebih terasa damai sebab disana ada pengharapan. Sesibuk apapun hari-hari anda, sediakan waktu buat Dia yang telah memberi kehidupan ini. Hidup hanya sekali, jangan biarkan waktu terbuang percuma. Muliakan Dia yang memberikan kasih karunia yang tak terhingga.

Kita tidak dapat mengetahui kapan akhir dari hidup masing-masing setiap kita di bumi ini. Esok atau lusa atau 10 tahun lagi, tetapi hendaknya berbahagialah didalam Dia. Hidup ini tak perlu terlalu disibukan oleh social media, pekerjaan, oleh fashion atau cosmetic, atau memikirkan orang-orang yang berperilaku buruk terhadap kita. Focus saja kepadaNya, niscaya Allah akan memberikan anugerah dan kasih setia selama-lamanya.

Mari kita berdisiplin mulai hari ini hingga hari Tuhan memanggil kita, sebab disana ada penantian yang kekal. Amen

 












If you're looking for guidance in life, look to love. The Bible verses mentioned above are just a few to keep in the back of your mind. The book of John and Psalms are both great starting places to read up on love and how God is present within our hearts.












"Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput. 
Rumput menjadi kering dan bunga gugur tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamaNya"
(1 Petrus 1:24-25)

Related posts

Comments