Daya Kemauan

 

Tenang menjadikan pipa-pipa dalam tubuh menjadi normal serta aliran darah normal (Photo CelestineP)

Bangun pagi harus selalu tepat waktu, Pukul 04:00 atau 04:30. Jika kita bisa bangun tepat waktu setiap hari berarti kita memelihara tubuh serta melatih jiwa. Sebaiknya memulai hari tidak dengan nada terburu-buru karena terlambat bangun. Tergesa-gesa membuat orang gugup, tidak tenang dan mengganggu ketenangan jiwa kita. Keseimbangan kita jadi goncang.

Tambahan ekstra 45 menit adalah untuk menghindari kejadian di luar rencana; ban mobil kempes, air mandi tak mengalir di tempat kost atau kancing baju jas yang copot. Segala sesuatu yang dilakukan dengan tenang akan berakhir baik.

Memulai hari harus diawali dengan doa . Doa menimbulkan rasa tenang. Kemudian kita bersiap menyambut jadwal di hari itu. Tenang memicu berkembangnya pikiran, serta dapat mengurai keruwetan

Luangkan waktu berolahraga ringan. Tujuan utamanya  ialah: pernapasan dan peredaran darah. Keseimbangan jasmani menjadi dasar dari kemauan dan sumber energi.

Kegiatan berikutnya ialah mandi. Penyegaran total harus didapatkan melalui mandi. Mata menjadi bersinar, tubuh menjadi segar. Tenaga tersedia dalam tubuh kita untuk melakukan pekerjaan. Seluruhnya terasa stabil dan mungkin pada menit-menit itu muncul perasaan bahagia. Membiarkan tubuh di bawah siraman air menimbulkan kebahagiaan tersendiri.

Hiduplah sederhana. Justru makanan yang sederhana menopang tubuh yang sehat: nasi, sayur bayam, tempe, telur ceplok dan ikan-ikan segar. Tambahkan sedikit penyedap sambal, kerupuk. Tubuh harus menghindari kegemukan. Kegemukan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Segala sesuatu lebih baik berukuran medium saja. Tidak kurang, tidak lebih. Jangan terlalu nikmat mengikuti keinginan diri sendiri. Bila anda merasa nyaman dengan tubuh anda, maka anda akan mencintainya dengan merawat sebaik-baiknya.

Hindarilah segala pergaulan yang dapat menghalangi kemajuan anda. Orang tua berpesan ‘hai anak muda, bergaulah dengan orang-orang yang lebih maju daripada dirimu sendiri agar kamu terbawa maju’

Tidur harus berkualitas. Orang yang tidur berlama-lama berarti melemahkan kemauan dan semangatnya. Ingatlah pepatah: Early to bed early to rise makes a man healthy, wealthy and wise.

Lawanlah godaan makan berlebihan. Itu hanya membuat gemuk tubuh (Photo CelestineP)

Dalam masyarakat jaman now ada orang-orang yang disebut night people atau orang malam. Apabila orang-orang pada umumnya bersiap untuk tidur, night people mulai dengan kegiatannya. Kita tidak dapat menyalahkan mereka. Namun kita tidak merasa kurang nyaman hidup berdampingan dengan night people. Jika burung hantu yang pergi tidur waktu pagi bisa bersahabat dengan burung-burung lain yang waktu fajar bersiap mencari makan, tentulah manusia juga hidup dengan orang malam. Bayangkan bila anda sepasang suami istri, keributan kadang terjadi karena resiko kebiasaan salah satu dari pasangan.

Termasuk menulis artikel menimbulkan keasyikan.  Semakin asyik semakin tiada merasa lelah. Kebanyakan night people adalah orang-orang yang bekerja karena kebahagiaan. Tiada larangan baginya agar dikerjakan keesokan hari namun tiada pula penghalang keasyikan itu. Bekerja larut malam untuk orang-orang serupa ini sama dengan begadang. Obat penawar tidurnya adalah  mata yang benar-benar lelah dan serangan kantuk.

Night people tidak bisa disalahkan. Kelambanan yang menyerang pada waktu pagi itu memang telah menjadi irama dari tubuhnya. Mengutip kalimat seorang neurologist bahwa proses bangun tidur itu berhasil diatasi antara lain dengan metoda yang mudah yaitu merencanakan suatu program yang menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan mekanisme bawah sadar. Kuncinya mengubah kebiasaan. Itu saja!

Menjelang tidur berilah ketenangan terhadap jiwa dan pikiran. Dalam tenang, pikiran hening  mampu menyapu bersih segala kesulitan; derita dalam pekerjan, keluarga, pertemanan dan segala kesukaran hidup sehari-hari.

Menutup hari sama halnya dengan mengawali hari. Tenang menunjukan penguasaan diri yang membuat seorang pribadi tentram.

Dengan tentram, kita mempunyai kemauan dalam tujuan hidup yang pasti. Bekerja dengan giat. Namun bekerja hingga membuat tubuh lemah sekali adalah suatu keteledoran. Tubuh harus selalu segar bugar.

Pandemi telah mengubah pola hidup sebagian besar masyarakat  termasuk kegiatan belajar di rumah namun yang terbaik adalah memberikan contoh teladan terhadap saudara-saudara sekeliling kita. Yang jelas harus ada daya kemauan.

Setiap waktu senggang hendaknya manfaatkan untuk belajar. Manusia tidak pernah selesai dalam belajar. Tiada kata usai. Selalu saja ada sesuatu yang belum kita ketahui. Non scholae sed vitae discimus. Kita belajar bukan untuk sekolah tetapi untuk hidup.

*Studium estas voluptas. Belajar itu suatu kenikmatan. Asalkan ada kemauan, pasti ada jalan.

Makanlah makanan dari rejeki yang baik dan halal (photo CelestineP)


Untuk membaca Bunga Rampai, silahkan anda klik berikut Description & content
*Artikel ini menjadi Artikel Pilihan di Kompasiana.com

Comments