Kasih sayang

Tradisi berulang tahun di kantor. Refleksi sayang/*dokpri

Buah nyata kasih sayang antara lain keheningan pikiran; ketentraman jiwa, kesehatan tubuh, kebahagiaan hidup, kharisma pribadi; yang datang dengan sendirinya sepanjang manusia telah diselimuti kasih sayang dalam hidupnya.

Mengasihi alam semesta mudah diucapkan, tetapi prakteknya memerlukan latihan dengan tekun dan lama. Modal pokoknya adalah niat yang teguh dan berkorban. Liefde is een offer waard, kasih sayang adalah pengorbanan.

Hukum alam yang abadi

>> Hanya cinta yang dapat membuahkan cinta

>> Cinta yang menjadi sumber hidup alam semesta. Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk sampai kepada cinta semesta (Universal love) yaitu menguasai diri sendiri, membuang egois, belajar berkorban demi kasih sayang, serta membuat dunia lebih baik daripada kemarin - make the world better than yesterday

Pemimpin harus mempunyai potensi untuk berbuat kasih sayang. Jika ia sendiri karakternya terpandang buruk dalam masyarakat, mustahil nasehatnya didengarkan orang. Jika ia sendiri keadaannya menyedihkan, mana mungkin ia menolong orang lain. Singkatnya orang harus mampu menolong dirinya sendiri barulah berpotensi untuk menolong orang lain. Urip iku urup, hidup itu jangan sekadar mementingkan urusan diri sendiri, tapi harus memberi manfaat bagi orang lain.

Pemberi  kasih sayang, menolong tanpa pamrih. Membersihkan batin dari kotoran sampah karena sirik, dendam, serakah dan kebencian. Dasar tindakannya yang utama ialah membuang rasa benci terhadap kebencian yang menggempur dirinya.

Ia menguasakan dirinya untuk menjadi manusia teladan. Pemberi kasih semesta tidak materialistis, bahkan cenderung hidup menonjolkan nilai-nilai rohani. Ia adalah wujud manusia yang adil. Sebab sebelum memilikinya, ia harus mampu bertindak adil. Memulai dengan menciptakan kerukunan dalam keluarganya sendiri. Kudu hade gogog hade tagog, hade omong bari hade lampah, papatah sunda yang artinya ‘harus baik budi bahasa dan perilakunya serta  konsisten antara perkataan dan tingkah laku.

Happy birthday!

Mengasihi bukan memanjakan, sehingga orang lain terjerumus kepada hal yang tercela. Seorang pemberi kasih sayang mampu berkata ‘tidak!  Mencintai tanpa mendidik seperti seorang ibu menyuapi makanan pada putrinya yang berusia 10 tahun. Piye iki? Tak heran. Banyak orang tua memanjakan dengan cara demikian.

Sikap yang serupa dengan kasih sayang terutama ialah watak sabar. Bisa menerima perlakuan orang lain bagaimanapun agresifnya, dengan pendirian. Orang yang tegang jika dilayani dengan ketegangan, akan berakibat antara lain:

* Keadaan semakin buruk

* Orang yang tegang tekanan darahnya makin naik dan mempercepat denyut jantung.

Dalam keadaan tenang kita memelihara kesehatan serta meredakan suasana. Dimanapun sang pemberi kasih sayang berada ia harus menyinarkan kasih, dengan memberi salam melalui senyuman dan sikap simpati, tak pandang jenis, tua, muda, miskin, kaya dan apapun jabatan  seseorang dalam masyarakat.

Tenang memandang pohon-pohon, bunga-bunga, rumput hijau dan alam dengan perasaan kagum. Memandang hewan kuda, ikan, burung, ayam sebagai mahluk yang menjadi kawan dalam hidup ini. Perbuatan kasih memantulkan refleksinya pada waktu itu juga. Seorang receptionist hotel bila merasa berkawan dengan tamu-tamu yang datang, mereka akan ditanggapi dengan sayang pula.  Pada waktu itu ia menikmati kebahagiaan yang bersahabat.

Kekuatan dalam membentuk fisik, emosi dan spirit ditopang oleh:

* Kasih sayang sebagai pengalaman paling penting dari untaian panjang hidup manusia

* Kasih sayang menjadi bagian terpenting dari makanan setiap bayi. Bayi yang kurang disayang bahkan tidak disayangi, tak akan berkembang sehat, secara psikologis, spiritual dan juga jasmaniah. Kasihan kepada anak-anak yang dibesarkan di tangan orang-orang tanpa rasa kasih sayang sejati.

Seorang ibu muda di Tangerang, kesal melihat putrinya berusia 8 tahun belajar melalui daring, menurut penuturannya anak ini sulit diajari. Ketika nasi sudah menjadi bubur, terkuburlah putri kecil tak berdosa, berkalang tanah, teraniaya. Luapan emosi yang tak terkontrol. Sungguh dramatic, tragis. Kisah selanjutnya, sang suamipun membantu menguburkan putrinya. Seluruh orang tua murid sekarang ini menghadapi hal yang sama, tetapi hanya sebagian saja yang mampu mengatasi kesulitan.

Sementara penelitian membuktikan akibat-akibat yang merusak dari tiadanya kasih ibu. Kasih ibu tidak dapat diganti dengan apapun dan siapapun juga. Krimininalitas, sakit syaraf, candu narkotika dan pelbagai gejala sejenisnya sebagian terbesar akibat dari miskinnya kasih sayang semasa kanak-kanak. Jika seseorang tidak disayangi, iapun tidak akan mampu menyayangi orang lain.

Cara terbaik untuk meredakan sikap agresif pada anak-anak kita bukan dengan tindakan yang agresif tetapi dengan kasih sayang. Live without love is empty.  Live dan love harus jadi satu, sebab inilah cara hidup yang menurut kodrat (innate nature) dituntut dari manusia.

Kemanapun kita pergi dan dengan siapapun bergaul, kita akan melihat kehadiranNya di alam semesta. Lihat kehadiran itu dalam warna yang indah dari bunga yang halus, dalam baunya yang harum. Lihat kehadiran itu dalam nyanyian burung-burung, dalam loncatan kelinci yang lucu. Yang Maha Mulia adalah sumber dan pusat kasih sayang.

Tujuan akhir yang didambakan oleh pemberi kasih sayang adalah hidup penuh kasih sayang terhadap alam semesta (universal) kepada manusia, hewan, tumbuhan.  Jiwa yang diselimuti kasih sayang akan membuahkan kebahagiaan secara tunai, cash promptly, tanpa ditunda, baik waktu maupun tempatnya.

Kasih sayang juga menyetrum dunia hospitality, memberikan pelayanan yang sejati. Muncul dari hati tulus  melayani setiap pelanggan dan tamu-tamu. Walau urusan bisnis kena tiupan badai bahkan porak poranda, tetaplah menjadi pemberi kasih sayang. Memiliki pengetahuan setinggi langit tak akan guna tanpa  mengenakannya. Bila ia pandai menyenangkan pelanggan dan tamu-tamu hotel untuk kepentingan pekerjaan namun jauh dari kasih sayang terhadap keluarga di rumah,  berarti salah kostum. Kenakanlah pakaian yang dipandang semua orang, baik adanya.

‘Quand on a pas ce que I’on aime, il faut aimer ce que I’on a” , when one doesn’t have the things that one loves, one must love what one has.

Birthday is a moment, enjoy every smile/*dokpri


Related post "Bunga Rampai" please click Description & content

 

Comments