Sakit

Dear Reader,

Apa sih gunanya sakit?

Cara mengobati pasien yang benar, menurut buku Nieuwe Boodschap ialah melalui jiwa kita 

Tanpa jiwa tubuh kita tak bedanya dengan mesin tanpa setrum. Kesalahan yang lumrah terjadi ialah mengobati si pasien semata-mata dengan bahan penyembuh (stoffelijke genees-middelen) 
Penyakit, sebenarnya adalah sarana untuk memperbaharui bagian tubuh yang lama sebagian demi sebagian, akhirnya seluruh gesung (bangunan) menjadi baru semua. 

Jangan memikirkan penyakit! 
Keyakinan “tidak memikirkan penyakit” ini akan memperkuat ketahanan tubuh anda. 

Ada 3 hal yang membantu penyembuhan:

1. Iman adalah penyembuh yang terbaik. 

Iman adalah obat yang dapat mencegah penyakit, mengobati penyakit, membuat tubuh kebal terhadap penyakit dan mempertahankan kesehatan tubuh. Masukkan iman di dalam kesehatan tubuh. 

2. Hindarilah mempercakapkan tentang penyakit 

Ingatlah bahwa Tuhan Sang Maha Tabib selalu menjaga anda. Dia yang tak terkalahkan oleh siapapun juga. Penyakit bisa dijinakkan. Segalanya tersimpul pada “keyakinannya”. Ia sakit karena ia mau/meyakini akan godaan tentang sakit. Prinsip dari Dr. Printice Mulford, orang kuno menghendaki melihat malaikat, akhirnya terkabul, dapat melihat malaikat. 

3. Timbulnya pelbagai penyakit sesuai dengan keyakinan yang tumbuh. 

Orang yang peka perasaannya sebaiknya tidak mendengarkan ceramah tentang penyakit. Perawat-perawat yang bimbang bahwa suatu penyakit menghigapinya ia akan terkena penyakit itu juga. 



Para pasien yang lekas sembuh atau merana di rumah sakit, tergantung akan keyakinannya. Kemudaan dan kegembiraan serta kebahagiaan hidup seseorang tergantung pada keyakinan yang bersarang dalam dirinya. Jika anda terpaksa menjadi pasien, satu-satunya jalan yang menguntungkan bagi anda ialah menggunakan waktu untuk sesuatu yang menguntungkan. 

Ada seorang pasien yang menyatakan kepada Dr. L.E Bisch : Sekarang saya baru tahu, bahwa sakit benar-benar berguna bagi hidup manusia. Penyakit membisiki telinga saya bahwa hari depan manusia tergantung pada kekuatan sementara. Penyakit memangkas sesuatu kelebihan pada hidup manusia dan memberi yang hakiki dalam kesejahteraan. 

Dalam sakit penyakit anda mendapati bahwa anda punya daya khayal (verbeeldingskract) menjadi lebih aktif, yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Anda seakan-akan melepaskan segala hal yang kecil-kecil dan bagaikan lokomotif tanpa kereta dapat lari lebih cepat. 

Anda dapat membangun gedung di angkasa dan membuat rencana (planning) dan kelak jika kesehatan anda telah pulih kembali maka daya-khayal anda tadi tetap tegak. Seorang pasien dapat berpikir lebih baik.

Dalam sakit anda akan merasa bahwa: 

ü Daya konsentrasi anda menjadi lebih besar 

ü Daya lihat dan daya pendengaran anda menjadi lebih halus – daya kesan dipertajam 

Segala pancaindra anda bekerja lebih baik. Anda sebagai pasien dapat menggunakan perasaan yang menggelora itu untuk sesuatu yang lebih berguna. Istirahat yang anda butuhkan adalah masa yang baik untuk mengolah “special planing” (rencana khusus); misalnya membaca buku yang dulu selalu tidak sempat 

Yang mengatakan 'mens sana in corpore sano' itu sudah terlalu kuno. Masa kini harus dibalik Corpore sana in mens sano. 
Anda akan merasa bahagia bila anda dapat memandang waktu sakit itu sebagai berkah terselubung (blessing in disguise)


Quote: Kecintaan mengalahkan segalanya; mari kita bertindak berdasarkan cinta-kasih
Omnia vincit amor, et nos cedamus amori



To read more Bunga Rampai, please read Description & content
Article ini di posting di Kompasiana juga. Lihat www.kompasiana.com - category Kesehatan

Comments