Anggun



"The age of a woman doesn't mean a thing. The best tunes are played on the oldest fiddles"

Wanita yang anggun terpancar dari suara dan sinar mata. Suara yang akrab dan tersimpul. Baginya keanggunan menjadi milik yang lestari. Like the flower in the desert even when there was nobody there to see it. Bagaikan bunga di padang gurun, sekalipun disana tidak ada orang yang melihatnya.

Keanggunan juga tanpa pandang waktu: keibuan (maternalism) yang kehadirannya menimbulkan rasa damai. Meredakan keberangan kaum pria.

Perbuatan saja tidak cukup untuk meredakan suasana dalam keadaan apapun. Harus disertai perkataan. Pria tergoda lewat mata. Wanita tergoda lewat telinga. Suarakan kepada wanita.

Keanggunan mempunyai mutu magis, membuat suasana hangat, persahabatan, kegembiraan dan menyemarakkan. 

Hiasan pribadi

Anggun bukan sesuatu yang dibuat-buat tetapi hiasan pribadi karena bakat atau berkat pendidik yang mahir. Ia lahir alamiah. Tindakan yang dibuat-buat akan tampak sebaliknya.

Anggun untuk pria sama dengan gagah. Seseorang yang gagah akan mempersilahkan seorang wanita duduk di MRT sementara ia berdiri karena penumpang penuh.

Pria gagah akan mengagungkan wanita, ibunya, istrinya, putrinya. Memperlakukan sesamanya dengan hormat.

Pakaian menunjang keanggunan

Tidak jarang anggun dikaitkan dengan cara berpakaian luwes, sepatu, tas yang dibawa. Seorang wanita yang bercelana jeans dan sepatu sport akan terlihat berbeda ketika berpakaian rok. Maka penunjang keanggunan adalah pakaian yang pantas dan nyaman terlihat.

Wanita anggun takkan memakai rok mini dengan high heel 9 cm. Bila ada wanita pemakainya, cenderung ingin menonjolkan kelebihannya seperti kaki yang lenjang, kaki yang putih tiada bercacat. Mungkin pula sebagai daya tarik pria terhadap wanita.

Tanyakan pada diri sendiri, apa sebabnya ingin berpakaian tertentu sehingga merusak keanggunan.

Perilaku lembut

Banyak wanita berperilaku kasar ketika berbicara. Suaranya meledak-ledak, tiada ketenangan. Tindakan demikian melunturkan keanggunannya. Ternyata sikap baik kuat pengaruhnya untuk menonjolkan keanggunan.

Suatu hari di airport keberangkatan luar negri, saya ditengah penumpang lainnya mengantri, bergiliran menunjukan tiket pesawat. Saya membawa sebuah kopor besar berat 30 kg dan satu kopor medium ukuran 8 kg.

Ketika saya mengambil ID dalam tas, 2 kopor disebelah saya ditendang oleh seorang bule yang melewati jalur antrian. Sontak saya kaget dan geram melihat tingkahnya yang arogan. Si bule ini langsung saja menerobos setiap penumpang yang dilewati

Tanpa kata-kata, pria semacam ini bisa kita nilai. Perilaku tidak sopan, tak menghargai wanita dan beberapa penumpang lain. Dimanapun selalu saja ada orang berperilaku buruk, tidak terpuji. Jangan terpancing oleh perilaku buruk manusia seperti dirinya. Pria ini sudah bersikap tidak gagah (tidak gentleman).

Jadilah wanita anggun dan pria gagah. Munculkan keanggunan dari dalam melalui kecantikan  dan tampilan luar dengan balutan baju sepatutnya.

“ Do it no matter what. If you believe in it, it is something very honorable “

Baca juga Pakaian

Comments