“Selamat siang Reservasi, saya
Neira, mau booking kamar”.
“Selamat siang Bu Neira. Tanggal berapa
check-in?
“22 Oktober, pakai voucer kamar
ya”.
“Mohon diinfo nomor voucernya, Bu
Neira?
“IB 123543”
“Baiklah, sebentar kami cek dulu
Bu”, jawab Reservasi
Tak lama kemudian..
“Mohon maaf Ibu Neira, tanggal 22
Oktober belum bisa digunakan, silahkan ada tanggal lain?”
“O, nanti saya kabari lagi ya. Terima
kasih”.
Itulah percakapan Neira saat melakukan
reservasi kamar ke Hotel Aurora. Ia ingin check-in tapi permohonan ditolak. Kenapa
ditolak?
Ada beberapa alasan mengapa
permintaan ditolak. Namun sebelum tahu alasannya, yuk kita pahami dulu seputar
voucer kamar.
Terdapat 2 tipe voucer yang dikeluarkan hotel:
1. Berbayar. Ada yang dinamakan gift certificate, exclusive voucher, reward certificate.
2.Tidak berbayar alias gratis. Sebutannya room certificate, complimentary room voucher, room voucher atau voucer kamar.
Beda hotel, beda pula penyebutan jenis
voucernya. Tak masalah.
Apa kesamaannya? Voucher dibawa tamu
ketika check-in tanpa membayar langsung di tempat. Saat check-out
hanya menandatangani guest folio di meja resepsionis.
Apa pula perbedaannya?
“Selamat
pagi Rei, saya mau beli voucer kamar, bisa dibantukah?”. Itu pesan teks whatsapp
Pak Sam.
Pak Sam pelanggan setia, ingin
memberi hadiah ulang tahun perkawinan ke-5 kepada Mr. Paul, HRD Manager di
perusahaannya.
Pak Sam membeli voucer kamar suite
untuk menginap 2 malam termasuk makan pagi dan makan malam, akan disiapkan. Voucer
akan diberikan jika pembayaran lunas.
Dalam selembar voucer kamar, tercantum data detail mengenai:
1. Tipe kamar (Room type)
2. Masa berlaku (30 hari, 2 bulan, 3 bulan)3. Tanggal kedaluwarsa. (Expired date)
3. Tambahan benefit selama menginap. Misalnya termasuk makan pagi, makan malam, spa. Gratis kamar saja, ditulis Room Only, disingkat R/O, itu istilah hotel.
4. Menyebutkan nama acara. Misalnya lomba menulis Hotelier Writers, distributor gathering, ulang tahun Kompasiana, international mining exhibition.
Ada
voucer tanpa nama pemilik artinya voucer bisa pindah tangan. Jika tertera nama
Anda, yang check-in haruslah pemilik voucer.
Meski hotel fleksibel terhadap
hal ini., namun kebanyakan hotel akan ketat turut aturan, pasalnya bisa jadi voucer
gelap. Ya, setuju!
Sumber voucer berbayar, diberikan secara gratis:
1. Membeli via online booking
Voucer diganti menjadi selembar
data digital, dilengkapi booking code. Harga dan benefit tercantum
disana.
Traveloka, Tiket.com termasuk OTA
dengan sistem simpel yang banyak dipakai pembeli.
Pembelian voucher secara online, kerap
dilakukan Hotelier Writers. Caranya, pemenang lomba mengajukan tanggal
check-in. Kemudian Admin membuat reservasi via OTA sekaligus pembayaran lunas.
Admin mengirimkan kofirmasi kepada
pemenang lengkap dengan kode pemesanan kamar.
Bagaimana prosedur check-in? Hanya
menunjukkan bidik layar dari HW. Mudah kan?
Proses check-in normal aja. Anda dapat membaca tulisan “Untuk Apa Bayar Deposit Saat Check-in” sebelum check-in sebagai panduan.
2. Membeli voucher melalui website hotel untuk diberikan kepada seseorang sebagai hadiah.
Cara yang lebih efisien. Hanya aku dan Hotel yang tahu. Voucer pun berupa digital.
3.Membeli melalui kesepakatan barter hotel dengan perusahaan tertentu (barter agreement). Contohnya Hotel Aurora mengadakan kesepakatan dengan Kompas TV, radio lokal, Koran Kompas, majalah terbitan domestik atau internasional.
Pada voucher diberi keterangan, misalnya
‘barter agreement with Kompas TV”.
Cara ini urusan dapur Tim Marketing sajalah ya.
4. Pembelian voucer secara langsung.
Roro menghubungi bagian reservasi
atau tim marketing untuk keponakannya yang hendak berbulan madu. Harga voucer sudah
dipatok hotel.
Demikian tipe voucer berbayar
sama dengan tamu membeli voucer lunas tapi check-in kemudian hari, sesuai masa
berlaku.
Biasanya Reservasi akan langsung
meluluskan permintaan karena kamar telah lunas dibayar.
Bagaimana untuk mendapatkan voucer kamar gratis?
1. Memenangkan door prize, lucky winner, kuis.
Ada musim bagi-bagi hadiah untuk
merayakan HUT perusahaan, Hari Kemerdekan RI, hotel yang baru buka alias soft-opening.
Hotel menyelenggarakan secretary gathering, VIP gathering, travel mart. Acara lomba gowes, fun running, press conference, product launching. Siapa mujur dia dapat.
2. Sponsor acara khusus.
Seperti yang dilakukan Blue Sky
Hotel Balikpapan menjadi sponsor event Puisi Hospitality. Hotel GH Universal
Bandung memberi apresiasi kepada member teraktif Hotelier Writers.
Kompensasinya? Ya, penyebutan nama hotel. Efeknya terasa pada traffic website hotel. Begitulah
3. Pemberian hotel sebagai apresiasi.
Bentuk apresiasi untuk perusahaan yang loyal terhadap hotel.
Pemberian voucer kepada mereka sebagai bentuk penghargaan tertinggi.
Pun saat sales trip, voucer kamar
lebih simpel dan praktis dibawa sebagai gift yang bernilai.
Sistem kerja voucer kamar
Setiap hotel memiliki room
allotment atau jatah sebanyak 2 atau 3 kamar per hari. Ini tertuang dalam
business plan. Dalam sebulan, bujet tidak melebihi 60 kamar jika tak mau
dibilang over budget.
Paling tidak 3 kamar per hari
sanggup diberikan jika okupansi sekitar 50% - 75%. Lebih dari itu reservasi perlu
persetujuan manajemen. Namun bila okupansi rendah, bisa saja Reservasi leluasa
memberi 5 hingga 7 kamar.
Inilah alasan mengapa Hotel
Aurora menolak pemesanan kamar Bu Neira, padahal tingkat hunian hotel hari itu baru
90%. Bisa jadi okupansi melangkah ke 80% tapi jatah yang sudah maksimum,
penyebab reservasi kamar ditolak.
Voucer komplimen bukanlah
pendapatan hotel, maka biaya voucer dibebankan kepada Departemen Sales
Marketing sebagai biaya promosi atau sales cost.
Karena itu voucer tak dapat
diuangkan. Hotel tidak mengeluarkan biaya pengeluaran untuk selembar voucer
komplimen.
Bagaimana jika kondisi kamar penuh,
fully booked? Besar kemungkinan pemesanan kamar langsung ditolak apalagi jika
booking mendadak.
Tetapi tak perlu kuatir, staf
reservasi akan memberi alternatif tanggal sepanjang masa berlaku voucer belum
berakhir. Sip!
Maka reservasi kamar sebaiknya
dilakukan jauh sebelum tanggal kedaluwarsa. Apalagi bila masa berlaku voucher
mepet.
Bila kamar penuh, Anda masih punya
kesempatan menyusun jadwal check-in lagi. Ok?
Nah ini yang penting diketahui. Masa
panen hotel itu tergantung musim. Misalnya tahun baru, imlek, liburan, event
international. Periode ini disebut black out dates. Voucer tidak berlaku
pada masa high season atau saat ramai bookingan.
Jadi jangan ngambek kalau reservasi
ditolak ya. Iya dong!
Voucer
kamar bagi hotel itu alat promosi yang jitu guna melambungkan brand hotel.
Semakin royal , semakin dikenal publik sebab secara detail tamu dapat merasakan
kualitas produk dan level pelayanan.
Tamu dapat berpromosi dari mulut
ke mulut jika pelayanan staf baik.
Ingin mendapatkan voucer gratis?
Gampang aja!
Sesekali kunjungi akun Instagram,
IG hotel kesayangan Anda. Mereka kerap bagi-bagi hadiah untuk sebuah kuis
menarik. Coba aja.
Voucher itu senilai harga kamar.
Misalnya kamar Studio seharga IDR 1.4 juta, Executive Room IDR 1,1 juta,
Business Room IDR 900k.
Hotel di Bandung? Hmm jangan
tanya, staycationer selalu membludak di akhir pekan.
Staycation itu menambah
pengalaman dan pengetahuan. Semakin aktif bersosialisasi, peluang meraih rezeki
lebih besar.
Salam hospitality,
Comments