Cinta dan Kekuatan Doa

 

Cinta (ilustrasi pixabay)

Pagi tadi jam 5.52, Shawn, suamiku mengirimkan pesan hari Valentine. Saya baru ingat hari ini hari kasih sayang, maklumlah akhir-akhir ini saya kerap curhat kepada Diariku.

Sejak tahun 2000, Shawn lebih sering berkeliling karena pekerjaannya di laut lepas. Ia insinyur teknik yang berkelintaran di negri Malaysia, Singapore, China. Kemudian kembali bekerja di rumah beberapa hari/minggu.

Sekalipun di rumah Shawn kadang dihadang pekerjaan yang mengharuskan terbang ke beberapa kota di Indonesia.

Saya paham irama kerjanya sejak tahun kebangkrutan kami tahun 1997-1998 semasa krisis. (Ulasannya bisa dibaca di sini), maka saya mulai menyibukkan diri dengan bekerja.

Saat Shawn jauh, saya dan kedua anak sejak kecil telah terbiasa tanpanya.

Mengarungi kehidupan bersama tanpa suami dan ayah bagi anak-anak sehari-hari, sudah tak asing lagi. Namun hal itu bukanlah penghalang untuk berhenti melakukan kegiatan. The show must goes on, katanya.

Saya pernah mencoba mengikuti arus kesibukan Shawn, namun hanya mampu bertahan beberapa bulan saja. Ketika itu saya mengekor kemanapun ia pergi, mengurus segala keperluannya selain mengawasi keperluan kedua anak dari jauh.

Setelah itu saya kelelahan, bukan lelah fisik tapi lelah pikir karena tak banyak yang dipikirkan. Demikian saya kembali nyemplung di hotel, pekerjaan yang benar-benar membuat saya tenggelam, asyik dalam kesibukan.

(screenshot skype celestineP)

Selama Shawn jauh di mata tapi dekat di hati, maka saya selalu berpikir positif. Hal ini amat baik untuk kesehatan pikiran dan hati.

Ini yang saya lakukan, selama ia tidak di rumah.

(*) Melakukan video call setiap hari pada waktu yang yang sama, telah menjadi kegiatan rutin. (bila offshore)

(*) Saat video, saya berbaju rapih seolah saya menerima tamu di rumah. Berdandan ayu dan rapih supaya menarik hatinya

(*) Mengirimkan foto cantik untuknya. Foto lebih cepat dilihat daripada deretan kata-kata

(*) Mengirimkan kata-kata cinta, proverb penyemangat bahwa ia bekerja untuk keluarga

(*) Mengingatkan kisah-kisah lucu diantara kita, artinya hanya dia yang tahu. Tujuannya agar memancing ia tersenyum bahkan tertawa

(*) Sesekali berfoto memakai baju kenangan (jadul) dan mengirimkan kepadanya. Pasti dia terheran-heran

(*) Mengirim foto-foto perkembangan studi kedua anak karena ia sama sekali tidak punya akun media sosial kecuali Linkedin

Hal terpenting dari segalanya adalah mendoakan Shawn serta anak-anak setiap hari, setiap saat. Doa adalah perisai kami sekeluarga dalam mengarungi lautan kehidupan. Apalagi anak pertama telah menetap di Sao Paulo karena pekerjaannya di Carnival Cruise ship.

Tiada yang lebih penting dari kehidupan ini selain doa. Syukurlah kami mampu melewati hari-hari baik suka maupun duka hingga saya menuliskan kisah ini.

Long Distance Relationship bagi pasutri? Bagi saya tidak asing lagi. Saya dan suami telah melewati bagaimana kami terpisahkan. Saat saya sakit, walau hanya demam, tetap saya seorang diri tanpanya. Sedih, kadang menangis karena merindu. Begitupun dirinya. Kami terpaut 8 tahun perbedaan usia.

Bahagianya jika ia berada ditengah kami. Shawn menghibur anak-anak dan saya, ya karena cintanya terhadap keluarga.

Godaan

Namanya kehidupan pasti ada ujian, termasuk godaan ketika saya bekerja. Apalagi pekerjaan saya yang selalu berjumpa dengan tamu dan pelanggan. Namun ketika teguh memegang komitmen bersamanya didalam Tuhan, kami berusaha patuh sekuat tenaga.

Suatu hari, saya terbangun di tengah malam. Saya terbangun dari mimpi sedih. Dalam mimpi, raut  wajah seorang wanita bertubuh besar dengan Shawn.

Malamnya, dalam video call rutin, saya bertanya, adakah seorang wanita lain dalam hatinya. Ia mengaku, seorang wanita dari negri M, yang berkantor sama, selalu menggodanya. Saya bersyukur ia berterus terang.

Tahukah anda akan kekuatan doa? Setiap waktu doakanlah belahan jiwa dan buah hati kita dimanapun mereka berada agar mereka dijauhkan dari peristiwa buruk di kemudian hari.

Tidak hanya dijauhkan dari wanita penggoda namun seluruh kehidupannya selalu lurus. Sekuat apapun usaha kita lakukan jika tanpa doa, akan gagal.

Jadi LDR bagi pasutri? Takperlu kuatir, disana ada cinta dan kekuatan doa.

 

For my beloved PW

Jakarta, 14 Februari 2021

(*) Nama disamarkan

Comments