Mengisi Liburan Akhir Tahun

 

(foto CelestineP)

Libur telah tiba, Libur telah tiba

Hore, Hore, Horee

Hilangkan semua bebanmu, hilangkan keluh kesahmu

Libur panjang saat yang dinantikan seluruh keluarga. Ayah cuti dari bekerja, ibunda melepas lelah setelah bekerja setiap hari di rumah juga anak-anak sekolah bebas setelah pembagian rapot.

Kondisi berbeda bisa pula ayah dan ibu bekerja di kantor, anak dan asisten rumah tangga, semua ingin melepas lelah. Bila keadaan demikian ayah dan ibu mencocokkan hari cuti bersama. Baju-baju pantai dicuci, topi-topi, tas, koper dibersihkan.

Bandara domestik, luar negri di keberangkatan dan ketibaan amat padat. Pesawat berseliweran setiap menit. Hotel-hotel penuh, tempat wisata ramai. Asyiknya melancong dimasa liburan.

Libur natal dan tahun baru waktu yang ditunggu-tunggu para pebisnis pariwisata, musim panen bagi industri perhotelan. Kamar dijual dengan harga umum. Umumnya hotelier jarang berlibur di penghujung tahun.

Namun liburan akhir tahun ini berbeda. Menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi yang semakin merajalela adalah tindakan bijak. Hindari kerumunan saat tahun baru, itulah anjuran pemerintah. Betapa kita mesti memelihara kesehatan dengan menjaga diri.

Walau demikian kita masih tetap dapat berlibur, melepas lelah tanpa harus meninggalkan rumah. Yuk kita tengok beberapa kegiatan keluarga diantaranya,

1.      Mengganti warna cat tembok rumah atau mencat ulang tembok. Ini kegiatan asyik jika dikerjakan sedikit demi sedikit. Anda akan puas setelah proyek ini selesai. Di tahun baru seluruh anggota keluarga merasa, nyaman senyaman tinggal di rumah baru, memulai hari-hari penuh suasana ceria.

Setelah membersihkan dinding tembok usai, disusul membersihkan seluruh ruang termasuk gudang, rak buku dengan bergotong royong. Kerja bakti di rumah juga suatu hiburan. Siapa tahu kita menemukan suatu benda yang lama tidak ditemukan.

2. Mengubah letak barang-barang di rumah. Nah ini kegiatan yang paling saya sukai. Setiap minggu paling tidak suasana rumah berubah, tidak monoton. Walau hanya memindahkan meja makan, itu akan membuat suasana berbeda. Menyongsong tahun baru, ayo kita ubah tata letak barang-barang.

3. Merombak taman. Bosan dengan suasana taman, ingin mendapatkan suasana baru, ubahlah dengan dekorasi taman berbeda. Kegiatan ini dapat dilakukan berhari-hari. Lakukan dengan santuy saja, jangan tergesa-gesa.

Ajak seluruh anggota keluarga mengatur taman, tanaman, bunga, menghiasnya menjadi taman surga.

4. Melakukan video call dengan saudara atau kerabat. Jadikan program ini sekali setiap hari. Mereka akan senang, kitapun bahagia mempererat hubungan baik dengan saudara.

5. Mencipta lagu, karaoke, menonton film. Rekam video lagu-lagu bersama keluarga, dapat di upload di media sosial. Iseng-iseng tapi berkreasi. Dapat juga menonton film kesukaan keluarga.

6. Mencoba resep masakan baru. Cobalah resep makanan yang asing bagi kita diluar makanan sehari-hari, Contoh menu kuliner dari Kompasianer @Abdulazisalka yaitu menu hintalu masak habang, soto banjar. Untuk kudapan lain dapat juga donat atau mantau yang dimakan dengan ayam kecap.

7. Barbeku di pekarangan rumah. Menu barbeku atau makanan panggang dengan menu sosis, sate daging ayam, mushroom, daging sapi, cumi, udang. Rayakan tahun baru dengan barbeku sederhana di rumah. Momen ini akan sangat berkesan. O ya jangan lupa waktu count down diikuti bernyanyi dan berdoa.

Jika kita telah melakukan beberapa kegiatan di atas tapi hari libur masih panjang, pergilah ke rumah nenek, kakak, adik, paman, tante yang berada satu kota. Pasti ada pengalaman baru yang akan kita temukan disana. Tengok keseharian mereka dan tuangkan dalam tulisan. Setidaknya kita dapat menulis beberapa artikel.

Keluar kota bersama keluarga yaitu harus menyertakan surat keterangan bebas covid 19, bila belum dilakukan test rapid, kita diminta test ditempat. Jika kedapatan positif, masuk karantina. Nah mencegahnya jauhilah kerumunan.

Liburan saja di rumah, tetap asyik kok.

Selamat berlibur!

* Artikel ini menjadi artikel pilihan di Kompasiana.com

Comments