Lezatnya Masakan Buatan Ibu

 

Makanlah olahan daging ayam dan telur. Sebaiknya hindari junk food 
(foto CelestineP)

Buka saja lemari pendingin di setiap rumah tangga, pasti telur tersedia. Sepanjang musim, setiap hari, ibu pasti membeli telur. Kita semua menyukai telur terkecuali vegetarian dan seseorang yang alergi.

Dibuat apapun telur menjadi makanan lezat. Selain harga yang terjangkau, mudah didapat serta baik bagi kesehatan. Kanak-kanak, dewasa hingga orang tua gemar makan telur. Tengok saja di sudut food stahl saat sarapan prasmanan (buffet breakfast) di hotel, selalu penuh antrian.

Omelet telur (omelette) menu favorit untuk sarapan. Tamu boleh memakan sesuka hati. Tidak masalah bagi hotel, toh sarapan sudah termasuk harga kamar. Jika anda minta dibuatkan 3 porsipun boleh saja, sang waiter akan menyiapkan. Itulah enaknya menyantap makanan di buffet all you can eat, asalkan dimakan habis.

Favorit menu telur dadar untuk sarapan (foto resepkoki.id)

Siapapun, kapanpun bisa makan telur

Mudah saja membuat perkiraan jumlah butir telur untuk sarapan di hotel. Seorang tamu rata-rata memakan 1 butir, namun jatah 2 butir perorang telah masuk hitungan cost.

Misalnya bila kamar yang terjual hari ini sebanyak 80 kamar. Hunian satu orang (Single occupied) sebanyak 30 kamar, Hunian 2 orang sebanyak 50 kamar. Maka perkiraan jumlah tamu 130 orang untuk sarapan esok harinya. Demikian, hotel harus menyiapkan sebanyak 260 butir untuk kebutuhan sarapan 1 hari saja. Satu bulan rata-rata diperlukan 7800 butir telur.

Tamu rata-rata memakan 1 telur, maka sisa telur dapat dipakai untuk bahan kue-kue, mayonnaise, rendang telur, sushi, dan kebutuhan lain.

Jumlah telur sebanyak itu dikonsumsi dari 1 hotel dengan tingkat hunian 80%. Sila bandingkan dengan kebutuhan telur setiap rumah tangga dan hotel-hotel di kota itu untuk 1 hari. Betapa pentingnya pasokan telur sehingga takheran muncul telur buatan alias palsu. Ada-ada saja.

Telur dadar, telur ceplok disantap dengan nasi hangat nikmat sekali. Ditaburi irisan bawang goreng, ditambah kecap manis. Siapapun, kapanpun, dimanapun makan dengan telur goreng sedap rasanya. Apalagi dicampur ikan tuna sebagai bahan sushi.

Kaldu ayam berkhasiat meningkatkan imun (foto CelestineP)

100 Ragam menu daging ayam

Ada yang bilang masakan daging ayam membosankan. Padahal jika pandai memasaknya dapat dibuat menu yang bervariasi.

Dari bahan daging ayam dapat dibuat menu ayam penyet, ayam bakar kecap, sate ayam, ayam tulang lunak, pepes ayam, ayam rica-rica, opor ayam, ayam bumbu kecap, ayam kari, dsb. Bahannya satu, yaitu daging ayam. Pandai-pandai mengolah saja setiap hari dengan sajian menu berbeda.

Singgahlah ke rumah makan padang, jenis sayur daging ayam dan telur terdapat disana. Klien saya, warga Perancis, acap kali tiba di Jakarta selalu mampir rumah makan padang, Ia dapat menyantap 5 potong daging ayam pop kesukaannya.

Hindari jajanan diluar rumah

Ketika si sulung berusia 5 tahun, ia gemar jajanan burger, french fries. Suatu hari ia mengalami sesuatu yang janggal usai menyantap makanan junk food. Benjolan muncul pada bagian wajah, bagian bibir, kadang dibagian mata, hidung. Benjolan ini mirip kena sengatan lebah.

Menurutnya tidak nyeri, karena alasan inilah kami pikir alergi biasa. Kemudian kami lakukan uji coba, selama sebulan saya tidak membelikan jajanan apapun. Alhasil aman-aman saja.

Setelah sebulan berpuasa dari jajanan, saya membelikan satu burger untuknya. Esoknya benjolan  muncul kembali.

Dua kali uji coba dilakukan, reaksinya sama. Kami beranggapan akibat sering jajan saja. Kabar ini sempat terdengar keponakan yang bekerja di Trans TV di tahun 1997. Di satu kesempatan, sayapun diundang Trans TV guna menjelaskan tentang pola makan anak.

Tema dari perbincangan itu soal makanan junk food yang ngetrend kala itu. Tujuannya agar setiap ibu rajin memasak makanan untuk anak-anak usia balita, menghindari jajan diluar rumah serta memperhatikan nutrisi yang benar bagi anak-anak. 

Kini benjolan itu tidak pernah datang lagi. Sejak saat itu saya terbiasa mengolah makanan sendiri. Bila tak banyak waktu, telur paling mudah diolah. Telur dapat dibuat penganan sore hari, martabak telur, kerak telur asli Betawi, juga campuran untuk nasi goreng, mie goreng, hidangan kue-kue.

Di restoran hotel, kebutuhan selain telur yaitu daging ayam amat utama. Selain dapat dibuat beragam menu, daging ayam terbilang aman oleh karena kehalalannya. Kecuali bila telah terkena hantaman berita penyakit flu burung, Hal ini pernah terjadi di negri ini sekitar tahun 2005, akibatnya konsumsi  daging ayam jatuh.  Masyarakat sangat berhati-hati kala itu.

Suntikan hormon pada ayam juga pernah menjadi isu hangat. Kerap terlintas kekuatiran ini, namun sudahlah, asalkan kita selektif membeli dari sumber pedagang yang benar.

Memelihara ayam banyak faedahnya (foto CelestineP)

Ibu harus rajin memasak

Bagi ibu-ibu muda, jika enggan mengolah daging ayam, kaldu ayampun berkhasiat bagi anak-anak. Saya selalu membuat kaldu dari ayam kampung untuk kedua anak. Campuran untuk kaldu worterl, kacang polong, buncis direbus terpiah.

Terkadang meminum kaldunya saja, ukuran setengah gelas tanpa bumbu apapun. Khasiat kaldu ayam ini diantaranya untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh, kaya akan protein, dan meningkatkan sendi-sendi tubuh. Lebih terperinci, dapat dibaca pada referensi ini.

Menu sederhana sop sayur berkaldu ayam, lezat rasanya. (foto CelestineP)

Ibu-ibu yang mempunyai anak balita, harus rajin mengolah makanan untuk mereka. Jangan sampai akibat malas, anak tidak menyukai sayuran, laukpauk, telur. Ini terjadi pada anak seorang kawan,  asupannya sehari-hari hanya bilangan jari.

Ayo Ibu-ibu olah daging ayam dan telur menjadi beragam menu agar keluarga tetap sehat terhindar dari virus apapun.

Salam sehat.

Comments