Pesta Tahun Baru di Hotel

Kenangan endah keur babarengan jeung babaturan. 
Meriahkan tahun baru dengan sederhana saja. (photo CelestineP)

Bulan Oktober biasanya hotel disibukan oleh persiapan perayaan tahun baru. Hotel menentukan tema acara apa yang akan digelar untuk tamu hotel dan publik. Tahun baru 2021 yang jatuh pada hari Jumat ini, sedikitnya masyarakat pekerja dapat menikmati 3 hari libur panjang akhir tahun.

Walaupun hotel dalam keadaan tak menguntungkan di tengah pandemi  ini, kita masih dapat menciptakan hiburan bagi tamu tanpa menghilangkan kemeriahan suasana tahun baru.

Sudah tentu hotel akan mempertimbangkan kehadiran pesta ini dari kondisi keuangan yang terpuruk sepanjang tahun 2020.

Misalnya tiga tahun lalu biaya yang dikeluarkan untuk fireworks sebesar IDR 35 juta  selama 15  - 20 menit. Biaya yang cukup besar disaat masa sukar. Kini jangankan fireworks, hotel sudah bertahan menerima tamupun patut disyukuri. Amin?

Berbeda jauh jika dibandingkan tahun ini. Pesta tahun baru sebelumnya bagi hotel-hotel adalah masa panen kita sekaligus prestise. Ketika hotel mengundang artis terkenal dengan group band popular pasti kamar-kamar akan  cepat laku terjual. Harga-harga sangat bersaing. Hotel fully booked. Very fortunate!

Sales marketing mulai saling bertukar informasi tentang tema tahun baru kepada hotelier di kotanya. Sebab jangan-jangan acara kita bertema sama atau dianggap meniru.  Pencarian informasi melalui social media, website, youtube. Proses mengemas acara ini akan memakan waktu sejak pembentukan panitia.  Setelah itu barulah menyusul pertemuan-pertemuan selanjutnya setiap minggu guna memantau progress acara.

Pepatah Jawa: Urip kuwi sebuah perjalanan. Sok kejeglong, sok kesandung. kadang munggah, kadang yo mudun artinya hidup itu sebuah perjalanan. Kadang jatuh tersandung, kadang naik, kadang turun.

Dalam menyambut pergantian tahun ini, hotel-hotel di Bali belum menunjukan adanya tanda-tanda suguhan acara yang spektakuler. Bahkan masih tampak sepi di internet. Kebanyakan hanya info persiapan acara dinner di restoran. Besar kemungkinan tingkat hunian Bali akan terangkat naik pada tahun baru ini walaupun hanya mengandalkan tamu domestik. Sila di share infonya ya kawan hotelier.

Bidikan tamu pada hotel-hotel luxury di Bali harus sudah dimulai sejak sekarang. Biarkan orang-orang dari Jakarta dan kota-kota lain datang untuk menyambut tahun yang baru itu. Meskipun secara massive diiklankan itupun belum tentu mampu mendongkrak occupancy menjadi fully booked. Ditambah Australia, negara tetangga yang masih melarang berwisata ke Bali. Setidaknya dapat mengisi kamar-kamar kosong.

Beberapa kawan bahkan belum berniat untuk keluar kota hingga tahun depan. Mereka ingin beranjak dari kotanya apabila  angka kasus baru menurun. Padahal ketakutan berlebihanpun tidak baik. Ya toh?

Budget tahun baru yang telah dianggarkan untuk tahun ini dapat digunakan dengan pengeluaran seminimal mungkin. Itupun bila hotel masih mempunyai anggaran.

Kendati acara harus mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker seperti melihat warna zona di area masing-masing serta persentase jumlah kerumunan, kita masih dapat mengundang  tamu.

Bagi hotel-hotel yang memiliki Ballroom, pool side yang luas dan outlet resto  ada beberapa acara sederhana untuk memeriahkan tahun baru, seperti:

1>     Acara santai di Ballroom dengan group band lokal terdiri dari 3 atau 4 orang pemain . Tujuannya menghidupkan suasana saja. Karyawan-karyawan yang trampil bermain musik dalam group band dapat ditampilkan, seperti yang dimiliki Cambridge Hotel Medan , Golden Tulip Pontianak dan masih banyak hotel-hotel yang mempunyai group band.

 Pergunakan dekorasi kerlap kerlip lampu yang ada di hotel. Menu ala carte yang telah ditentukan FB (Food & Beverage). Berikan hadiah-hadiah menarik produk hotel. Countdown dan ditutup lagu Auld lang syne. Dua hingga 3 jam sudah cukup. Terpenting menciptakan suasana meriah di hotel. Jangan biarkan Ballroom kosong.

 2>     Acara lainnya yaitu acara santai saja di outlet restoran. diiringi lagu-lagu bertemakan lagu-lagu top masa kini atau lagu-lagu populer dari CD. Para tamu duduk-duduk saja disertai  penjualan FB secara ala carte.  Begitupun di Lounge dapat diset-up karaoke. Bagi-bagi hadiah produk hotel. Masa pagebluk ini jangan membuat hotel lesu. Tetap berkreasi menanti para tamu yang haus suasana tahun baru.

 

Don't let your ballroom empty 
(courtesy GH Universal Hotel Bandung)

3>  Harga kamar dinamis mengikuti BAR (Best Availability Rate). Sebaiknya harga tidak terlalu mahal untuk mengejar isian kamar hotel  yang tinggi. Berlakukan early bird. Lebih baik terjual cepat sehingga kita dapat mengetahui revenue forecast projected. Tak perlu memaksakan penjualan kamar dalam paket 2 atau 3 malam.

 N Namun penjagaan tamu-tamu hotel haruslah lebih diperketat selama berada di kamar. Jangan sampai tamu membuat ‘private event 4 - 10 orang di dalam kamar yang akan mengundang keributan. Duh. Setiap front liner harus jeli dan cermat.

Pada hari-hari itu  kalangan ‘the have tak sedikit yang membeli kamar suite. Orang-orang termasuk golongan ini cukup diyakinkan saja akan kebersihan hotel dan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Bagi karyawan, siapapun, walau mendapat tunjangan hari raya natal atau gaji ke-13 tetap kencangkan ikat pinggang.  Bijak menggunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Bukankah begitu? Bila anggaran tak memungkinkan jangan memaksakan kehendak. Hiduplah dengan pola sederhana.

Protokol kesehatan menjauhi kerumunan, membuat sebagian masyarakat menunda untuk rencana wisata. Padahal tak ada larangan dalam hal ini kecuali anda jatuh sakit. Tahun 2020 adalah masa kekecualian. Semoga.

Tampaknya, hari raya tahun baru 2021 tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Banyak faktor yang menjadi kendala. Anda pasti sudah paham akan tetapi jangan berkecil hati.  Every minute a chance to change the world.

Biasanya masyarakat Jakarta pergi ke Ancol untuk merayakan tahun baru. Bunyi petasan dan kilau warna-warni kembang api dimana-mana. Pendatang dari luar kota Jakarta banyak berdatangan khusus  hanya ingin ke pesta pergantian tahun di sana.

Bagi yang tak berencana keluar kota, nikmati saja tahun baru bersama keluarga di rumah. Membuat acara kecil, menyanyi bersama, saling memberikan hadiah (cross kado), berpelukan seperti keluarga  Teletubbies. Memuji syukur kepada Sang Pencipta agar diberi kesehatan dalam memasuki tahun 2021.

Petiklah hari ini, Berpijaklah hari ini

Pandangan anda boleh ke depan seperempat abad

Namun anda berpatokan suasana hari ini

Tetap bersemangat kawan!

 A vaillant Coeur rien d’impossible. For a valiant heart nothing is impossible 

Ulah sok ngomongkeun lamun teu bis nyieun nu leuwih alus mah

 artinya jangan banyak cakap jika tak bisa membuat yang lebih bagus (photo CelestineP)


**Other articles please click Description & content

*Artikel ini menjadi Artikel Pilihan di Kompasiana.com dengan judul "Tahun Baru di Hotel"

Comments