Jika ku melancong

Berlibur pasti kuliner (photo CelestineP)

 I love traveling!

Travelling is more than just going to different places, it's something more precious, memorable and fun. It gives time to think, learn, appreciate, memorable memories and explore. We can have fun staying in our home but it is way better adventurous sometimes and discover more about our spectacular world. 

Seperti biasa, sebelum menentukan tempat berlibur pasti kita mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat-tempat favorit yang mengasyikan. Panorama indah, rumput hijau, pepohonan, danau biru, botanical garden, mini hutan.

Periksa flight dan accommodation ke tempat tujuan. Urusan pesawat amat mudah dilakukan melalui booking online  Kemudian sama pentingnya adalah accommodation. Agar masa berlibur kita lebih menyenangkan apalagi memerlukan 3 - 4 hari pasti diperlukan kamar yang nyaman. Kenyamanan paling penting. Carilah kamar sesuai budget anda dan memiliki kriteria kebersihan yang prima termasuk kamar mandi, Dua hal itu sudah cukup membuat kita nyaman.

Memilih hotel untuk berlibur memiliki strategi tertentu bagi traveler.  Apabila uang berlebih atau memang sudah di budget kan pilihlah hotel berbintang 4 – International Chains hotel. 

Sebaliknya bila budget traveling 'cukup-cukup saja silahkan memilih hotel berbintang 3 – International Chains hotel. Biasanya kami menginap di Zest – Batam (Swiss-Belhotel International), Double Tree – Hilton (Kuala Lumpur), dsb. 

Bagaimana memilih hotel sesuai harapan untuk berlibur? 

1. Read comments on TripAdvisor. 

Baca comment-comment yang berhubungan dengan hotel yang dituju. Pelajari secara detail bagian comment buruk hingga terburuk. 

Jika kita meragukan hotel ini tak sesuai yang diinginkan, carilah hotel lain 

Lebih baik kita berlambat-lambat daripada tak selamat. No need to rush!

 2. International Chains Hotel brand 

Setiap traveler pasti ingin mendapatkan hotel yang murah, bersih dan bagus.

Hotel berbintang 3 – International Chains Hotel, hotel yang cocok untuk ber-solo traveling.

Jika bersama keluarga, lebih memilih hotel berbintang 4 – International Chains Hotel. 

Kebiasaan ber-solo traveling lebih menyenangkan. Segala sesuatu dapat diurus dan diatur seorang diri serta  memutuskan untuk memilih tempat tujuan kemana kita pergi dengan ‘go show, bersantai dengan waktu tanpa tergantung pasangan atau group. Sebaliknya melancong bersama keluarga atau grouping, waktu bersenang-senang harus disesuaikan keputusan bersama. 

Sekali waktu anda harus menikmati solo traveling, pasti menyenangkan! 

 Mengapa memilih International Chains Hotel? 

Sebab safety and security lebih terjamin. Sebagai hotelier, paling tidak saya concern hal ini, apalagi jika kita ber-solo traveling memerlukan tempat yang aman. Bukan berarti hotel-hotel diluar itu tidak aman. Choose the best things.

Hotels group berada di bawah International branded hotel walau hotel berbintang tiga lebih memperhatikan fasilitas keselamatan tamu-tamu secara ketat dan cermat. Pengalaman bergabung di bawah Starwood Inc, membuktikan betapa Management Hotel memprioritaskan hal tersebut.

3. Room booking only for one night in advance

Bila anda ragu terhadap hotel yang anda akan booking, jangan putuskan untuk menginap selama 2 malam atau lebih dari itu, sebab kita akan experiencing dulu apakah nyaman atau tidak, sesuai dengan harapan atau tidak? Hal ini tak merepotkan sebab berlibur adalah waktu relax. Bahkan seringkali hotel hanya untuk bermalam saja, bukan staycation. right?

Pernah saya mencoba booking untuk satu hotel di Penang – Malaysia. Tampak dari photo-photo sungguh elok, tak ada complaint yang berarti. Jauh panggang dari api, the real is worse, nyatanya jauh dari harapan. Hotel sangat sepi hanya terlihat 2 tamu padahal high season, dan tak ada kegembiraan sama sekali di hotel ini. Keceriaan staffs hotel mempengaruhi energy positive setiap tamu. Dampak soft music amat baik untuk membangkitkan kehangatan, gairah hidup, apalagi di masa melancong. 

Cobalah menginap hanya satu malam saja dan memilih suasana hotel lain pada hari ke2, dan ke-3. 

Tak perlu kuatir bila tak ada kamar tersedia. Di satu kota atau tempat pasti banyak hotel dan pasti mereka menyambut kita. Sebab itu pelajari hotel apa saja yang terdapat di kota itu sebelum kita pergi. Ini untuk mendapatkan alternative hotel. Bila hotel anda nyaman, tetaplah tinggal sampai anda check-out. Bila fully booked? no worries, hotel pasti punya cadangan pemesanan.

Pencarian hotel dapat melalui TripAdvisor atau OTA yang lain seperti Traveloka, Booking,com, Tiket.com, Pegi Pegi dan online booking lainnya.

Berdasarkan pengalaman, seringkali hotel yang kita tuju tak seluruhnya sesuai dengan comment-comment bagus yang ditulis traveler. Kesimpulannya adalah baik menurut seseorang, berbeda halnya menurut standar bagi pelancong lain. Tak ada satu kesamaan persepsi dari kata ‘good yaitu apabila apa yang diharapkan tamu, dalam imaginasinya, hotel itu sesuai yang diharapkan.

 

Sektor pariwisata memang sedang terpuruk, namun akan bergairah pada masanya (photo CelestineP)

4. The best cleanliness hotel 

 Saya berpegang pada satu prinsip kemanapun pergi berlibur untuk memilih hotel yang kebersihannya terjaga baik, dan di setiap hotel berbintang – International Chains Hotel umumnya, cleanliness is priority for them. 

Mereka sangat berhati-hati untuk yang satu ini. 

GM selalu berkeliling untuk menghindari photo-photo jahil dari tamu yang berhubungan dengan kebersihan. Karena itu seluruh staff memang terdidik untuk menjaga kebersihan seluruh area hotel dan bukan tanggung jawab Housekeeping department semata.

 5. Write the comments 

Selalu sempatkan memposting comment-comment di TripAdvisor setelah traveling. Hal ini bermanfaat  agar comment yang ditulis menjadi pengetahuan bagi mereka yang hendak menginap di hotel tersebut. Tulislah seadanya menurut pengalaman, jujur dengan menjunjung etika. Bila baik tulislah hal-hal yang baik, bila comment buruk, sampaikan terlebih dahulu kepada staff hotel - Receptionist atau Duty Manager mengapa kita kecewa. Pasti mereka mendengarkan, paling tidak, ada kata ‘apologize dari Management. 

Jika tingkat keluhan lebih serious, biasanya DOSM /sales leader membantu memecahkan masalah atau GM akan menyelesaikannya sendiri. 

Dalam 2 hari, comment di TripAdvisor akan dijawab Management Hotel. Hendaknya GM menjawab secara langsung dengan gaya bahasa yang tidak baku seperti auto machine atau draft yang selalu sama dari sang secretary/PR, tetapi menjawab seperti gaya komunikasi surat dari tamu dan GM dari Hotel. Sehingga sender dan pembaca merasakan personal touch dari Management. 

Pembaca akan menilai quality of communication dari hotel tersebut. 

Sibuk atau tidak, sebaiknya sudah menjadi kewajiban GM untuk membalasnya sebab berhubungan dengan image hotel di mata publik. Hotel ber-brand International Chains melakukannya dengan teliti dalam membalas setiap comment apalagi comment buruk dengan alasan reputasi yang baik.

6. Write the experience on Social Media/Blog/YouTube

Pengalaman yang asyik, sejatinya tulis dalam akun social media. Di masa mendatang akan menjadi kenangan terindah bagi kita setelah melihat-lihat kembali photo-photo. Anak dan cucu akan melihat dan membaca tulisan anda, there will be many questions from them. Anda ingin menjadi legenda? mulailah menulis.

Walaupun urusan holiday belum dimulai kembali sejak terakhir perjalanan pada akhir February 2020 lalu, namun impian melancong telah dalam rencana. Semoga wabah covid 19 cepat berlalu dan kita dapat  menikmati masa berlibur kembali. 

Tulisan ini sebagai pelepas rasa rindu melancong saja. Life without traveling is boredom.

 

Berlibut menjadikan kita kekurangan waktu (photo CelestineP)

Click to read more Description and content

* Artikel ini menjadi Artikel Utama di www.kompasiana.com - kategori Travel dengan judul Traveler dan Hotelier

Comments