Daya Juang

Sales team GH Universal Hotel Bandung (2012)/dokpri

Hidup adalah perjuangan. Perjuangan adalah pusat kumparan dari segala yang ada. Berjuang melawan segala sesuatu. Sesuatu yang salah terutama ada dalam diri sendiri. Tanpa perjuangan tak ada kemenangan. Berjuang selalu, berusaha selalu, berikhtiar selalu adalah prinsip dalam hidup ini.


Jika otak sudah berhenti, tiada lagi yang diusahakan manusia. Ada satu syarat: cara berpikir janganlah terlalu panas, harus dingin, santai, tidak memaksakan diri, sehingga terciptanya ketenangan.

Ada 3 modal dalam ‘perjuangan: 
1. Kesehatan harus selalu terjaga, karena modal utama dalam segala perjuangan adalah kesehatan. Menyimpan kegembiraan dalam jiwa adalah merupakan rahasia dalam hidup. Itulah sumber kebahagiaan dalam hidup kita. Mengutip ucapan Bapak Presiden Joko Widodo di tengah pandemi covid 19: “Kesehatan yang baik menjadi kunci ekonomi yang baik” 

2. Meluaskan persahabatan 

Persaudaraan yang luas adalah kunci kegembiraan maka carilah kawan sebanyak mungkin. Birds of a feather flock together. Cari kawan yang cocok, sehati, yang membangun dan membuat kita maju. Burung rajawali akan terbang bersama sekawanan rajawali. Kawanan merpati akan hinggap bersama kawanannya, burung hantu tak kan mungkin bersama burung gereja. 

3. Senang dalam pekerjaan 

Jika seseorang mengerjakan pekerjaan tertarik oleh karena senang maka akan datang kegembiraan dalam diri orang itu. Bukan hanya tertarik kepada uang semata. 

Kebanyakan orang telah dijajah oleh suatu pemikiran bahwa ia harus tetap dalam jabatannya bertahun-tahun. Tak pernah terlintas dalam pikirannya mengenai kemungkinan perubahan: pekerjaan yang bergaji lebih baik atau beralih profesi. 

Uit luchtkastelen daarentegen komen de paleizen der aarde te voorschijnt 

Betapa banyaknya orang yang tidak tahu menggunakan kurnia dari Tuhan yang telah ada padanya sejak ia lahir. Lebih memprihatinkan lagi orang-orang yang sejak kecil telah dijajah oleh tirani: perasaan miskin yang tidak mungkin merubah nasibnya. 

Het plan voor elke onderneming, Ontstaat in de verbleelding 

Rencana setiap usaha selalu muncul terlebih dahulu dalam fantasi. Setiap langkah yang telah ia duduki selalu membayangkan what next, setelah ini apa ya? 

Dampak yang patut diteladani, seorang dishwasher di restoran, mempunyai pemikiran ingin jadi pemilik restoran dan berkata: “ Saya akan tinggalkan pekerjaan ini dan menjadi restoran manager “ 

Pemikiran ini bagus, tetapi sejauh mana dapat dilaksanakan?. Disana terdapat keputusan yang tidak logis akan membawa kesuksesan. Tiap jurang pemikiran dimana kita tetap berdiri akan membimbing kita kepada suatu suasana kehidupan di masa mendatang melalui commitment. 

Suatu karir yang baik melangkah setapak demi setapak. Karir menuntun kepada pelajaran secara perlahan tetapi didapat secara utuh. You get nothing from nothing, jabatan yang diduduki dengan melompat akan berangsur-angsur ambruk. Matang sebelum waktunya. Pengetahuan yang cukup dan kematangan pribadi membantu proses kepada tujuan. Bila kita sudah memulai kesibukan, barulah kita bisa mempercepat versnelling atau istilah kini nge ‘gas. 

Sesuatu yang telah dirintis, barulah bisa dikembangkan. Orang yang berkecimpung dalam suatu hal, maka tanpa sadar ia membayangkan perhatian serta tindakan usahanya; dan jika orang ini rajin serta tekun dalam usahanya, niscaya 

Meningkatkan gambaran mental ini membutuhkan keberanian. Sembilan puluh persen pegawai departemen laundry di hotel tidak membayangkan dirinya untuk menjadi General Manager hotel suatu hari. Selain daripada itu dalam kehidupan jadul alias jaman dulu tampak adanya tirani yang membuat bawahannya jangan sampai lepas dari cengkraman dengan meminjam istilah dedikasi. Betapa kejamnya tirani tersebut. 

Tanamkan dalam gagasan, idea cemerlang, hasrat berjuang yang menggebu dalam keberanian. 

Ada tiga lorong ketakutan menuju kemiskinan yaitu: 

1. Takut akibat 

2. Takut kesulitan 

3. Takut public opinion 

Orang-orang yang punya keberanian extra yang didukung pengetahuan dan usaha yang keras, melahirkan pejuang-pejuang dalam kehidupan ini. Pejuang tangguh akan menghadapi rintangan di depan tapi menang. 

Rintangan dan kemalangan sebagai perkakas dalam arena hidup yang berguna sebagai penyebab digerakkannya otot, daya juang dan sifat jantan yang sejati. Caranya? Sang Pencipta mendidik manusia untuk bersekolah pada sekolah kesulitan. 

Jika menghadapi suatu kesulitan, berpikirlah ‘aku menang, picture yourself as a winner.

Ausdauer (German), perseverance (English) dalam bahasa Indonesia dari kata dasar 'juang artinya sama dengan berjuang.

Golden Tulip Pontianak & Mandiri Prioritas (2017)/dokpri


Related posts
This article also published at Kompasiana.com/celestine[atterson

Comments