Dengar

Penyelidikan terbaru menyatakan bahwa cara kita berkomunikasi adalah penting bagi kesehatan kita sebagai diet dan olahraga.

Mendengarkan adalah baik bagi kita

Setelah diselidiki selama duapuluh tahun didapatkan bahwa segala jenis komunikasi melibatkan tubuh kita yang kadang-kadang mendalam. Ini disebut "language of the heart" adalah penting menyangkut kesehatan dan emosi. Diam mempunyai kaitan erat dengan tekanan darah, Laboratorium menghasilkan bahwa setiap orang berbicara tekanan-darahnya naik dan juga waktu membicarakan hal-hal yang biasa. Hal ini tidak disadari oleh pelakunya. Tekanan darah dan denyutan jantung naik, bila seseorang berbicara. Seseorang yang membaca keras-keras tekanannya naik dengan cepat.

Percobaan terhadap tuna wicara menyatakan bahwa tiap kali ia memberi isyarat, tekanannya naik. Kesimpulan: Segala bentuk komunikasi menaikkan tekanan darah. Pembicaran yang normal adalah jungkat-jungkit. Jika seseorang berbicara tekanannya naik, dan kembali seimbang bila ia mendengarkan. Hikmah dari "mendengarkan" terbukti pada percobaan "orienting reflex" oleh Pavlov.

Percobaan pada manusia:

a) Membaca keras-keras

b) Memandang tembok dengan diam

c) Memandang ikan-ikan dalam aquarium

Hasilnya : tekanannya menanjak bila ia berbicara. Tetapi tekanan darahnya menjadi paling rendah bila ia mengamati ikan-ikan, Terlebih rendah pula daripada yang hanya duduk dan diam. Bayi yang menangis tekanan darahnya berlipat. Status orang yang dihadapi juga mengadakan perbedaan dalam tekanan darah.


Manfaat bermalam di rumah sakit antara lain karena alasan itu Bila perlu diamkan pasien seorang diri. Maksud tersebut untuk ketenangan pikiran dan hati nurani sang pasien. Ia dengarkan sendiri jiwa dan suara hati nuraninya. Ia berdialog dengan mereka. Suara hati yang benar adalah segala hal positif yang muncul bersuara dalam nurani. Si jahat berkata negatif. Jangan dengarkan! Bisa menyebabkan depression dan insomnia. Berjaga-jagalah!

Menurut ilmu psychiatry, depression menyebabkan terganggunya keseharian kita. Perasaan sedih, amarah, hilang arah dan tujuan hidup. Duh, mengenaskan.

Seorang klien menyampaikan hendak berjumpa di Setiabudi Building Jakarta, sedangkan sales hotel berada di Hotel GH Universal - jalan Setiabudi Bandung. Percakapan pertelpon melahirkan  kesepakatan untuk pertemuan di Setiabudi. Tiba waktu perjumpaan, keduanya berbeda pendapat antara Setiabudi Jakarta dan Bandung. Pada akhirnya pertemuan gagal. Kecerobohan karena mendengar.

"When people talk, listen completely. Most people never listen", sama artinya dengan 'dengarkan orang bicara dengan jelas sampai tuntas. Kebanyakan orang cepat berkata, lambat mendengar. Ingat, banyak cakap, tekanan darah meningkat. Ramainya perceraian suami-istri juga antara lain disebabkan banyaknya perkataan yang dikeluarkan keduanya daripada mendengarkan satu sama lain.

Hematlah berkata-kata.


Quote: To care about your outward appearance is important but what's more important is to have a beautiful soul

To read more "Bunga Rampai" please click Description & content

Comments