Grooming and Cleanliness


Good grooming and hygiene are essential. It's never too early to start being
concerned about your appearance ~ first impressions are everything

Tidiness: clearly organized and systematic
Cleanliness: the state of being physically clean and free of contamination of dirt

Kebersihan adalah hal kecil tapi memberi dampak pada kehidupan. Sepenting apakah itu? 

Pernahkah kita memasuki satu ruangan dan mendapati segala sesuatunya berserakan? atau yang sangat sering kita temui yaitu meja kerja yang berantakan, tak tertata rapih. Apa yang terlintas di benak kita? 

Bila kita melakukan satu activitas yang rutin, lama kelamaan akan menjadi habit, baik itu kegiatan yang positive atau sebaliknya. Ada orang yang terbiasa nyaman saja bila berada di ruangan kotor, sebaliknya ada pula yang tak bisa melakukan sesuatu apapun jika berada di ruangan kotor. Kebiasaan ini akan terbawa hingga ia dewasa kelak hingga diusia yang tak bisa diubah lagi. 


Menjaga kebersihan adalah kegiatan yang positive dan mandatory. Seseorang akan menyediakan waktu melipat dan membersihkan sheet, bed cover pada waktu bangun tidur tanpa diperintah. Ia menjaga tempat tidur, ruang tidur, rumah, halaman tertata rapih dan bersih. 

Begitu pula yang terjadi pada waktu ia bekerja di office, sebab ia terbiasa bekerja dalam keadaan ruangan yang bersih maka iapun akan bekerja rapih dan bersih dimana saja ia berada. Kebersihan menjadi lifestyle kebanyakan orang yang ber edukasi tinggi. Orang kaya belum tentu memiliki habit menjaga kebersihan tetapi orang yang ber-edukasi tinggi paling tidak ia akan mengerti dan melakukannya. 

Perhatikan seseorang dari cara berpakaian, apakah tercium aroma bau tak sedap atau aroma bau badan,? apakah memiliki grooming? Berpakaian adalah salah satu ciri yang dapat dilihat dari pantulan kebersihan. 


Seorang sales marketer dari hospitality dan semua hotelier sudah seharusnya memiliki penampilan yang rapih, menjaga kebersihan badan agar tampak rapih dan bersih. Kerapihan berpenampilan disesuaikan concept hotel dimana ia bekerja. Bila kita bekerja di Harris Hotel, men-cat rambut berwarna-warni bak pelangi mungkin diperbolehkan, Tetapi tak diperbolehkan pada hotel yang ber-concept anggun, luxury seperti Hilton Hotel misalnya atau Marriott.

Terutama dalam hal berpakaian kantor seperti baju jas harus sudah di laundry setelah 2 kali pakai. Bila berbau tidak sedap, clients atau orang lain akan merasa tergganggu dengan kehadiran kita dan bahkan mengganggu kelancaran meeting penting kita. Timbulkan percaya diri pada setiap kegiatan jam bekerja kita dengan menjaganya. Ini akan membawa image hotel. 
Style seseorang dalam berpakaian dapat mencerminkan kebersihan meja kerjanya, lemari bajunya, tempat tidurnya, rumahnya, dsb. Seperti kita menilai suatu rumah bila kamar mandi atau toilet bersih maka ruangan lainpun akan bersih. 

Kebersihan adalah menunjukan prestigious seseorang. Ia akan berada di level high bila telah terdidik menjaga segala sesuatu yang berhubungan dengan kerapihan dan kebersihan. Dalam setiap kesempatan penulis selalu mengajarkan agar sales team menjaga meja kerja masing-masing dengan bersih dan teratur selepas bekerja. Disamping bekerja akan nyaman dan mudah terdeteksi akan berkas file yang berserakan kemana-mana. 
Singkat kata, jika kita ingin diterima oleh lingkungan dimana tempat kita bekerja, lakukan segala sesuatu dengan memperhatikan kerapihan dan kebersihannya. Bila kita menjaganya, orang akan segan membuat kotor tempat kita. 

Kebersihan menunjukan derajat orang tersebut. Beberapa orang sangat jorok, jorok, bersih dan bersih sekali. Anda di level yang mana? 


Kebersihan erat hubungannya dengan disiplin seseorang. Seorang pemalas dapat dipastikan jorok sebab tiadanya waktu untuk menyapu lantai, membersihkan tempat tidur, waktu baginya adalah untuk kepentingan diri sendiri. Apalagi tiada waktu ber-saat teduh untuk mengucapkan terimakasih kepada penciptaNya yang memberikan nafas hidup. 

Memang kebiasaan ini akan sulit diterapkan tetapi ‘alah bisa karena biasa, mari kita didik anak-anak sejak kecil untuk mencintai kerapihan dan kebersihan. Mulai dari meletakkan kaos kaki, sepatu, tas sekolah sepulang sekolah. Semasa ini adalah usia yang dapat dibentuk, sudah tua terbawalah kebiasaan buruk kemanapun ia pergi bekerja. Bila ia terbiasa melakukan hal-hal yang baik maka ia akan banyak disukai kolega dam teman-temannya 

Kebersihan amatlah penting. Membuat kita nyaman berada dimanapun, dan jangan lupa prioritaskan menjaga kebersihan 'hati untuk memancarkan kasih kita kepada sesama. 

Have a great week-end!


Trust in the Lord and do good 
dwell in the land and befriend faithfulness 
(Psalm 37:3)


Comments