Hadiah AdSense di Blogspotku

 

(ilustrasi pixabay.com)

Tepatnya hampir genap 10 bulan saya menulis lebih efektif di Blogspot. Keinginan menulis di blog memang sudah sangat lama. Tahun 2015  sayapun memiliki akun di di blogspot.com dengan judul Does Life Just Happen to You.

Ternyata saya hanya sanggup membuat kurang lebih 5 artikel selama 4 tahun. Tentu saja karena  alasan kesibukan pekerjaan.

Akhirnya bulan April 2020 saya mulai fokus menulis. Pasalnya #workfromhome dan menumpahkan kerinduan untuk menulis di blog.

Saya ubah judul di Blogspot menjadi Life, Love and Hospitality dan mulai mempelajari bagaimana menulis dengan Bahasa Inggris. Alhasil hampir seluruh judul artikel berbahasa Inggris padahal terkadang konten berisi Bahasa Indonesia yang kurang saya pahami.

Kedua beberapa tulisan hasil mencuplik tulisan lain, tentu ini terlarang. Hal itu saya baru ketahui ketika berusaha mendaftar untuk Adsense, yaitu pemasangan iklan dalam konten sehingga penulis mendapatkan bayaran dari situ.

Beberapa bulan setelah itu, saya mengalami kejenuhan menulis. Konten terasa hambar sebab pembaca sepi. Saya merasa Google tidak membantu untuk menarik pembaca.Namun demikian beberapa artikel memancing pembaca di luar negri.

Dua alasan diatas membuat artikel kurang peminat. Salah satunya adalah pelanggaran, namun saya tetap rajin menulis. Saya tidak peduli dengan jumlah pembaca saat itu sebab tujuan saya adalah belajar menulis.

Dua artikel saya hapus karena terkesan menjiplak karya penulis lain. Kemudian setelah bergabung dengan Kompasiana bulan Agustus 2020 saya mengubah artikel berbahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia. Sejak itu  saya membuat banyak artikel dalam Bahasa Indonesia daripada Bahasa Inggris.

Hari Sabtu, 23 Januari 2021, tanpa diduga saya mendapat e-mail dari Adsense bahwa blog Life, Love and Hospitality sudah dapat terhubung dengan Goggle AdSense. Berita ini datang saat jumlah total 168 artikel banyaknya.

Wah, saya senang sebab hal ini telah lama terlupa akan tetapi Blogspot mungkin melihat dari sisi kerajinan saya menulis secara kosisten.

Blogspot sejatinya baik sebagai tempat belajar blogger pemula. Bila anda telah merasa mantap, bisa mendaftar di Kompasiana. Di Beyond Blogging memicu kita agar lebih rajin berkarya juga belajar dari para Kompasianer.

Bisa pula anda membeli domain di Blogspot dan menghasilkan pendapatan. Demikian kumpulan artikel itu menjadi teratur dan cantik jika kita konsentrasi mengerjakannya.

Anda ingin mencoba?

Terima kasih kepada Blogspot yang telah memberikan kesempatan menulis selama ini. Blogspot media yang baik dan pas bagi blogger yang ingin belajar, rajin dan konsisten.

Comments