Pulau Bali

foto koleksi pribadi saat di Bali

Siapa tak kenal Pulau Bali? Bali bahkan lebih terkenal dari Indonesia, padahal Bali ada di negara Indonesia.

Pada masa persiapan pre-opening dari Kanvaz Seminyak Bali dimulai September 2018, saya gabung dengan resort tersebut. Posisi in-charge untuk base Jakarta di management hospitality SoAsia Hotels. Waktu yang tersingkat sebab January 2019 telah dinyatakan tidak menangani properti tersebut. Kok bisa?

Meskipun hanya beberapa bulan saja, saya sempat singgah di beberapa tempat wisata. Sebelum saya menulis tentang Bali, anda bisa temukan article yang banyak sekali mengenai Bali. Saya share photo-photo selama di Bali. 


Government belakangan ini meneriakan bahkan menganjurkan sector pariwisata agar menarik minat dari traveler domestic. Mengapa? Sebab urusan traveler overseas masih terdampak peraturan penyebaran pandemic Covid-19. Menurut berita terupdate dari I Wayan Koster – The Governor, bulan September mendatang kemungkinan Bali mulai welcome bagi tourist asing, itupun bila situasi pandemic telah menunjukan penurunan dalam kasus baru.

Well, setor periwisata memang paling pertama terdampak dan lamban untuk pulih sebab berhubungan dengan kebutuhan leisure, kesenangan, bukan prioritas. So mereka yang ber-uang lah yang akan ber-traveling untuk refreshing. Mentri Keuangan pernah mengatakan bahwa negara-negara di ambang crisis memang itulah keadaannya. Sudah 2 kuartal, raport merah untuk economic growth. Kuartal pertama adalah 2.97% dan kuartal kedua diperkirakan minus.

Kita semua kehilangan waktu untuk berinteraksi. Momentum PSBB selama 2 bulan di Jakarta membuat kebosanan bagi pekerja yang #workfromhome. Minggu ini hampir sebagian office telah re-open, begitupun dengan hotel-hotel, employee masuk dengan bergilir setiap minggu. Meskipun telah membuka gate kembali, occupancy masih saja dibawah 30%. Ini sudah membaik dibandingkan angka sebelumnya sebesar average 15% dari city occupancy.



Bali memang memiliki tempat ber-panorama indah untuk dikunjungi. Keindahannya tak ada duanya dibandingkan negara-negara di Asia seperti Singapore, Thailand, Malaysia. 

Beberapa hari tinggal di Bali dalam rangka pertemuan dengan staffs di Kanvaz Seminyak Bali memang terasa bahwa Bali hanya pulau untuk leisure, holiday dan bersenang-senang. Culture yang unique, menarik banyak pendatang untuk melihat dari dekat. 

Bahkan Julia Roberts sang actress dari Amerika datang ke Bali untuk film shooting “ Eat, pray, love” pada tahun 2010. The King of Salman juga pernah berkunjung. Bali membuat Indonesia terkenal di mata dunia. 

 Lihat juga The Kanvaz Village Resort Seminyak - Bali




Dalam pemasarannya market Bali bergantung kepada travel agency baik kepada inbound tour operator maupun outbond tour operator. Group series dari Australia, China, Taiwan memenuhi hotel-hotel di sana di masa high season. Tak heran dimasa pandemi, travel agencies mendekati keadaan collapse. 

Anda dapat membuka tautan dari The Jakarta Post ini Travel restriction haunts near collapse travel agencies in Bali. Yah tak hanya Bali, seluruh destinasi wisata mengalami keadaan sama. 

Hope everything will be back normal. Amen

 




Bersama Fernando - GM Euphoria Hotel Bali saat saya berkunjung ke Bali. Teman lama, satu geng  bersama Joe dan Malini semasa berkantor di Jakarta.





Bersama Komang Budiani, kolega di Kanvaz Seminyak Bali. Pulang kerja langsung hang out di @Eden Hookah Club Bali. Entah kapan kita jumpa lagi. 















"Sometimes courage means holding on and sometimes it means letting go"

Kala itu bukanlah waktu berwisata. Tapi curi-curi waktu ke area wisata, hehe

Comments